Apakah Lawan Bicara Benar-benar Mendengarkan Anda? Lihat Pupil Matanya

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 13 Apr 2017 13:18 WIB
tips & trik
Apakah Lawan Bicara Benar-benar Mendengarkan Anda? Lihat Pupil Matanya
(Foto: ehowcdn)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mata adalah jendela hati. Dari mata pula kita bisa mengetahui apakah seseorang sedang berbohong atau menghindar.

Sebuah penelitian dari Dartmouth menyimpulkan, kita juga bisa mendeteksi apakah lawan bicara antusias dengan apa yang kita bicarakan dengan melihat pupil matanya.

Secara umum, peneliti menemukan bahwa para pendengar menjadi fokus atau antusias ketika pembicara mendiskusikan puncak emosional dari kisah mereka. Hal tersebut terungkap dari pola pembesaran biji mata (pupil) yang tersinkronisasi melalui rekaman video pelacakan mata.

"Mata adalah jendela jiwa adalah ungkapan yang didukung oleh berbagai penelitian ilmiah. Pembesaran pupil dan pandangan mata berkaitan dengan keadaan mental, seperti perhatian dan pamrih," ujar Thalia Wheatley, pada Medical Xpress.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa empati turut berperan dalam mengatur pembesaran pupil. Semakin besar empati, maka semakins sering membesar pupil mata ketika mendengar.

Studi tersebut melibatkan para siswa Dartmouth berusia di atas 18 tahun yang memiliki penglihatan dan pendengaran normal. Beberapa dari mereka berperan sebagai pencerita. Sementara yang lain berperan sebagai pendengar.

Para peneliti melihat perubahan ukuran pupil pada pembicara dan pendengar untuk melihat bentuk perhatian yang dimiliki masing-masing peserta


(DEV)