Bahan Wadah Apakah yang Tepat untuk Menyimpan Makanan?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 08 Sep 2018 13:15 WIB
keluarga
Bahan Wadah Apakah yang Tepat untuk Menyimpan Makanan?
Bahan Wadah Apakah yang Tepat untuk Menyimpan Makanan? (Foto: ist)

Jakarta: Berbagai varian wadah tersedia untuk menyimpan makanan. Namun, tahukah Anda bahwa wadah dapat memengaruhi kualitas makanan?

Berikut adalah tiga jenis wadah yang paling sering digunakan dan bagaimana dampaknya pada makanan.

1. Plastik
Racun dan bahan kimia yang terlepas dari plastik ke dalam makanan, telah terbukti meniru hormon dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon, ketidaksuburan, awal diabetes, hipertensi, kanker, terutama kanker payudara. Ketika plastik dipanaskan, ia melunturkan bahan kimia 55 kali lebih cepat dari biasanya. Jadi, hindari pemanasan dengan microwave, bahkan jika wadah tertulis aman.

2. Silikon
Silikon tidak beracun bagi organisme air atau tanah, dan tidak dianggap sebagai limbah berbahaya. Jika Anda menggunakan wadah silikon, Anda tidak akan memiliki bau atau rasa aneh pada makanan yang disimpan.

3. Logam
Logam bukanlah wadah yang disarankan untuk menyimpan makanan. Asam dalam buah-buahan seperti tomat, apel, dan nanas dapat bereaksi dengan logam tertentu seperti aluminium. Sama seperti ketika menyimpan acar dalam wadah kuningan, asam asetat; acar bereaksi dengan logam, melepaskan oksida logam berbahaya atau senyawa beracun.





 


(ELG)