Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Sampai Perselingkuhan Terbongkar?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 29 Jun 2018 17:43 WIB
romansapsikologi
Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Sampai Perselingkuhan Terbongkar?
Survei yang melibatkan 1.000 orang dewasa menyebutkan bahwa dua pertiga dari mereka pernah ketahuan oleh pasangan resmi mereka. (Foto: Jamakassi/Unsplash.com)

Jakarta: Tak sedikit perselingkuhan yang akhirnya terbongkar oleh pasangan resmi. Namun, berapa lama waktu standar hingga akhirnya ketahuan?

Sebuah studi menyebutkan bahwa rata-rata perselingkuhan terkuat setelah empat tahun. Kebanyakan disebabkan karena pasangan membaca pesan-pesan tersebut. Namun, hanya 15 persen pasangan yang akhirnya putus karena masalah pengkhianatan tersebut.  

Survei yang melibatkan 1.000 orang dewasa yang telah berselingkuh tersebut menyebutkan bahwa dua pertiga dari mereka pernah ketahuan oleh pasangan resmi mereka.

Namun, hanya 1 dari 10 orang yang ketahuan saat perselingkuhan pertama, dan 1 dari 8 orang mengalami hal tersebut pada perselingkuhan kedua. 

Peselingkuh cenderung ketahuan pada perselingkuhan ketiga, di mana 1 dari 5 orang mengalaminya. Sekali seseorang berkhianat di awal hubungan, kemungkinan hal itu akan jadi kebiasaan. 


(Sebanyak 39 persen perselingkuhan terbongkar karena pasangan membaca pesan-pesan selingkuhan di ponsel. Foto: Simon Launay/Unsplash.com)

(Baca juga: Studi: Selingkuh Cenderung Dilakukan Kembali)

Sebagian besar peselingkuh, yaitu 86 persen, juga mengaku sudah memiliki pasangan lain sebelum menikah. 

Sebanyak 39 persen perselingkuhan terbongkar karena pasangan membaca pesan-pesan selingkuhan di ponsel. Surel menduduki posisi kedua dengan persentase 22 persen, disusul dengan berbohong tentang keberadaan peselingkuh sebanyak 20 persen. 

Sementara itu, 14 persen perselingkuhan ketahuan saat pasangan memergoki peselingkuh sedang bersama selingkuhan dan 5 persen mendapat informasi perselingkuhan dari keluarga atau teman. 

"Kami melihat perselingkuhan seperti orang Prancis, yaitu sebagai reaksi alami terhadap hubungan yang hambar," ujar juru bicara IllicitEncounters.com, Christian Grant.




(TIN)