Makanan Padat yang Baik untuk Bayi 6 Bulan

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 03 Apr 2018 16:58 WIB
tumbuh kembang bayi
Makanan Padat yang Baik untuk Bayi 6 Bulan
Foto: Shutterstock

Jakarta: Sejak bayi lahir hingga usia 6 bulan, ia hanya perlu minum air susu ibu (ASI). Selepas usia enam bulan, bayi butuh mengonsumsi makanan padat. Selain untuk melatih motorik gigi dan gusi, tubuh mungilnya butuh asupan nutrisi lebih.

Ada enam makanan yang dianjurkan diberikan kepada bayi berusia enam bulan, seperti dilansir Boldsky.

1. Ikan

Anda dapat memberi sedikit porsi ikan setiap hari. Pastikan Anda sudah menghilangkan tulangnya. Jenis ikan berminyak seperti salmon, sarden, dan mackerel sangat bermanfaat bagi balita berusia 6-12 bulan. Ikan salmon mengandung omega 3 yang penting untuk perkembangan otak, mencegah alzheimer dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

2. Daging

Daging merupakan sumber kaya protein dan konsumsi harian yang akan memenuhi semua kebutuhan si kecil. Dengan demikian, memberikan daging akan menguntungkan baik bagi anak maupun ibu yang sedang menyusui.

3. Buah-buahan

Jika Anda seorang vegetarian, tak berarti si kecil akan kehilangan vitamin yang dibutuhkannya untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat. Anda dapat memberikannya pisang, pir, atau mangga. Ketiga buah ini memiliki banyak vitamin yang akan sangat bermanfaat bagi si kecil. Selain itu, buah-buahan tersebut tak mengandung biji, sehingga lebih mudah dikonsumsi.

4. Susu dan sereal

Selama enam bulan pertama lahir, bayi hanya mengonsumsi susu. Tapi kini ASI saja tak cukup untuk memenuhi nutrisi untuk mendukung pertumbuhannya. Anda bisa menambahkannya dengan susu formula fortifikasi yang kaya vitamin A, D dan C yang akan membantu tumbuh kembang anak. Anda juga dapat mempertimbang untuk menggabungkannya dengan sereal.

5. Sayuran hijau

Sayuran seperti bayam, kubis dan brokoli adalah makanan yang dapat dicerna dengan baik oleh bayi berusia enam bulan. Sayuran sangat bermanfaat karena kaya akan vitamin dan serat.

6. Telur

Telur merupakan makanan yang sempurna untuk bayi yang sedang melakukan masa transisi ASI ke konsumsi makanan padat. Secara bertahap, Anda bisa meningkatkan porsinya.


(ROS)