Alasan Angka 13 Dianggap Angka Sial

Anindya Legia Putri    •    Kamis, 02 Nov 2017 14:07 WIB
psikologi
Alasan Angka 13 Dianggap Angka Sial
Apakah Anda menderita triskaidekaphobia? Triskaidekaphobia adalah perasaan takut berlebihan terhadap angka 13. (Foto: Mario Azzi/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda menderita triskaidekaphobia? Triskaidekaphobia adalah perasaan takut berlebihan terhadap angka 13. Bagi seseorang yang menderita phobia ini, angka 13 dianggap sebagai angka kramat yang memiliki daya magis, yang berujung pada kesialan.

Seperti contoh berikut, sadarkah Anda bahwa banyak hotel atau gedung di Indonesia menanggalkan lantai 13, sehingga pengunjung hanya mendapati lantai 12 langsung ke 14.

Saat melihat angka 13 di dalam lift, para penderita triskaidekaphobia akan merasa tidak nyaman, mual, muntah, kesulitan bernafas, denyut jantung sangat cepat, berkeringat, dan perasaan panik berlebihan. Sehingga pihak hotel ataupun gedung akan menghilangkan angka 13 di lift, untuk menghindari kesan ‘sial’.

Dilansir dari Indiatimes.com, berikut 13 alasan mengapa orang berpikir bahwa 13 adalah angka sial:

1. Secara tradisional, 13 langkah mengarah ke tiang gantungan
Sesuai tradisi, ada 13 tangga yang mengarah ke tiang gantungan. Tentu saja, tiang gantungan itu bervariasi tapi jumlah langkahnya akan bertambah hingga 13. Seorang petugas taman di Situs Bersejarah Fort Smith pernah berkata, "13 langkah di tiang gantungan - 12 naik, dan satu lagi turun."

2. Legenda Norse
Salah satu cerita dari mitologi Norse menceritakan kisah pesta makan malam yang dirusak oleh Loki (Dewa Penipu). Dalam pertemuan tersebut Loki menjerumuskan dunia ke dalam kegelapan dan menyebabkan kematian dewa yang disebut Balder. Loki adalah tamu ke-13.



(Baca juga:  Jenis-jenis Phobia Makanan yang Perlu Diketahui)

3. Jumat tanggal 13
Ada beberapa takhayul yang terkait dengan nomor  13, agar jangan memotong rambut, jangan melewati pemakaman, jangan berjalan di bawah tangga, dan seterusnya.

4. Hotel menolak untuk memiliki kamar 13
Ada banyak hotel yang menolak untuk memiliki Kamar 13. Hotel Carlton di London mengambil langkah lebih jauh dan menolak untuk memiliki lantai 13 seluruhnya. Demikian pula, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa beberapa bidang juga tidak memiliki baris 13.

5. Kode Hammurabi Babel kuno
Berawal dari tahun 1772 SM, kode Babilonia kuno Hammurabi yang diawetkan menghapus nomor 13 dari daftar undang-undangnya. Undang-undang tersebut diberi nomor 1 sampai 282 dengan angka 13 dan 66-99 hilang.











(TIN)