Kunci Hubungan Langgeng, Menjadikan Pasangan sebagai Sahabat

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 23 Dec 2017 19:32 WIB
pernikahan
Kunci Hubungan Langgeng, Menjadikan Pasangan sebagai Sahabat
Kunci Hubungan Langgeng, Menjadikan Pasangan sebagai Sahabat (Foto: istock)

Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa individu yang meningkat memiliki kesejahteraan dan kepuasan hidup yang lebih  baik.

Orang yang telah menikah memiliki banyak alasan untuk itu: dapat berbagi pendapatan, tak perlu takut kesepian di masa tua, dan bisa menghabiskan waktu dengan pasangan menikah lainnya.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Happiness Studies tersebut mengumpulkan data dari dua survei di Inggris untuk melihat manfaat dari pernikahan dan persahabatan yang terjalin di dalamnya.

Pemimpin studi Shawn Grover dan John Helliwell dari Vancouver School of Economics di Kanada melihat pada Survei Paneli Rumah Tangga Inggris yang mengumpulkan data dari 30 ribu orang antara tahun 1991 dan 2009, untuk melihat bagaimana kepuasan hidup orang Inggris secara keseluruhan.

Mereka juga melihat pada Survei Populasi Tahunan antara 2011 dan 2013 yang menyediakan data dari 328 ribu orang Inggris dan menemukan adanya perbedaan tingkat kepuasan hidup pada kelompok menikah, belum menikah, dan tak pernah menikah.

Setelah memeriksa kedua data tersebut, mereka menemukan bahwa pernikahan dapat meningkatkan kepuasan hidup secara signifikan, terutama pada mereka yang berusia paruh baya.

"Kami menemukan bahwa orang yang telah menikah memiliki kurva statistik dalam kepuasan hidup yang lebih sedikit dibandingkan yang belum menikah, artinya pernikahan membantu meringankan penyebab kecerobohan dalam kehidupan sehari-hari," demikian menurut studi.

Para peneliti juga melihat efek dari persahabatan pada mereka yang telah menikah dan menemukan bahwa hal tersebut kemungkinan adalah kunci hubungan jangka panjang.

"Manfaat pernikahan juga semakin banyak pada mereka yang menganggap pasangan sebagai sahabat," demikian mereka menyimpulkan.

 


(ELG)