Manfaat Mainan Sederhana bagi Anak

Raka Lestari    •    Minggu, 29 Apr 2018 20:42 WIB
tumbuh kembang anakperkembangan anak
Manfaat Mainan Sederhana bagi Anak
Manfaat Mainan Sederhana bagi Anak (Foto: fotolia)

Jakarta: Bagi orang tua, memilih permainan yang tepat bagi anak mungkin akan membuat sedikit kebingungan. Dan terkadang, pilihan orang tua jatuh kepada mainan yang berasal dari gawai ataupun barang-barang elektronik. Padahal, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa penggunaan gawai berlebihan pada anak memiliki banyak dampak negatif.

"Meskipun mainan elektronik dapat menarik dan mendidik dengan lampu, suara, huruf, angka, dan gambar bergerak, mereka tidak menumbuhkan dua aspek penting bermain untuk anak-anak yaitu imajinasi dan koneksi," ujar Dr. Sharon Saline, Psy.D., seorang psikolog klinis kepada Romper.

"Anak-anak yang masih muda akan mendapat manfaat yaitu dari sisi pertumbuhan neurologis dengan menggunakan imajinasi mereka yang terdapat pada mainan-mainan sederhana."

Dengan mainan sederhana, anak-anak belajar untuk mendorong pemikiran mereka secara kreatif, mengeksplorasi dan bereksperimen dengan tubuh dan pikiran mereka, dan berlatih memainkan peran berbeda.  

Selain itu, anak akan menggunakan imajinasinya untuk membangun dan mengembangkan mainan mereka. Berbeda dengan mainan yang memberi komando pada anak Anda apa yang harus dilakukan.

Dengan mainan sederhana, anak Anda yang akan memberikan perintah pada mainan itu. Mainan sederhana mendorong kemandirian, kreativitas, pemikiran kritis, dan imajinasi. Semakin banyak yang dilakukan mainan secara otomatis, semakin sedikit pula yang dilakukan anak Anda baik secara fisik maupun secara mental.

"Saat-saat ini membantu mereka mengintegrasikan pengamatan dari kehidupan sehari-hari menjadi ide dan perilaku baru yang kreatif," katanya.

Pada dasarnya, alih-alih mengikuti jalur yang sudah dirancang orang lain di komputer atau video game, Saline mencatat bahwa anak-anak dapat membuat jalur mereka sendiri dengan mainan sederhana.

Mainan sederhana, seperti bola, blok bangunan, tanah liat dan krayon biasanya jauh lebih sehat untuk anak-anak daripada mainan elektronik, menurut penelitian yang dilakukan oleh Infant Research Lab di Temple University. Prinsipnya adalah bahwa anak-anak adalah pemecah masalah yang kreatif, kata pemimpin peneliti Kathy Hirsh-Pasek.

"Anak-anak akan menemukan sendiri pemecahan masalah mereka, dalam arti lain, mereka aktif," katanya.

 


(ELG)