Dua Tanda Anda Sudah Siap Menikah

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 28 Sep 2017 18:16 WIB
tips & trik
Dua Tanda Anda Sudah Siap Menikah
(Foto: Ask Men)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menikah bukanlah hal sepele. Ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan. Saling mencintai saja tidaklah cukup.

"Hubungan yang sudah terjalin lama belum tentu bisa menjamin langgengnya pernikahan. Bisa saja itu hanya membuat saling kenal lebih lama," ujar psikolog Ajeng Raviando dalam diskusi bersama media, Kamis (28/9/2017).

Menurutnya, selama proses saling mengenal, membuka mata terhadap kekurangan pasangan adalah hal yang cukup penting untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius.

"Saat memutuskan akan menikah, kita sudah harus bisa menerima kekurangan pasangan. Kalau kelebihan mereka, (anggap saja) itu bonus," tambah Ajeng.

Sebab, lanjut dia, kekurangan akan selalu ditemui setiap hari ketika akan hidup bersama nantinya. "Ini menjadi patokan untuk melangkah ke pernikahan."

Selain itu, persiapan secara psikologis dan masalah prinsip juga harus diperhatikan.

"Pernikahan adalah perjalanan panjang, jadi kita harus memerhatikan dua hal yang tak terlihat itu," ujar Bunga Mega selaku pendiri Komunitas CeweQuat,pada kesempatan yang sama.

Ia menambahkan, ada beberapa hal yang sebaiknya dibicarakan para pasangan sebelum menikah seperti rencana memiliki anak atau sistem keuangan.

"Banyak pasangan yang berpikir hal-hal tersebut baiknya dibicarakan setelah menikah. Padahal, sebenarnya semua harus dibahas secara detail, termasuk kemungkinan terburuk. Misalnya, kalau ternyata tak bisa punya anak apa yang akan dilakukan," papar Bunga.

Jika beberapa hal di atas sudah mencapai kesepakatan dengan pasangan, tandanya Anda sudah siap membangun rumah tangga.




(DEV)