Ini Perbedaan Universitas di Selandia Baru dan Indonesia

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 16 Jun 2017 13:44 WIB
pendidikan
Ini Perbedaan Universitas di Selandia Baru dan Indonesia
Terdapat delapan universitas di Selandia Baru dimana semuanya masuk dalam 450 besar berdasarakan 2018 QS World University Rankings. (Foto: Lincoln.ac.nz)

Metrotvnews.com, Jakarta: Universitas adalah salah satu institusi pendidikan untuk melanjutkan jenjang perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Namun, pengertian tersebut berbeda di Selandia Baru.

"Di Selandia Baru, istilah universitas hanya untuk lembaga negeri saja, yang berada di bawah pemerintah," terang Karmela Christy selaku Manager Pemasaran dan Hubungan Strategis di Education New Zealand (ENZ) saat ditemui Metrotvnews.com, Selasa (13/6/17) lalu.

Lebih lanjut tentang jenjang perguruan tinggi, Karmela menjelaskan bahwa terdapat tiga jenis pendidikan di Selandia Baru yaitu universitas, institut teknologi dan politeknik, serta lembaga swasta.



(Baca juga: RI-Selandia Baru Tingkatkan Kerja Sama Bidang Pertahanan)

Terdapat delapan universitas di Selandia Baru dimana semuanya masuk dalam 450 besar berdasarakan 2018 QS World University Rankings, seperti University of Auckland yang menduduki peringkat 82 di seluruh dunia.

Untuk biaya, kuliah di universitas terbilang paling mahal diantara kedua jenis pendidikan lainnya, yaitu sekitar Rp 236.250.000 - Rp 255.150.000 per tahun (dengan perhitungan kurs 1 NZD = Rp 9.460).

Kedua, terdapat 18 institut teknologi dan 53 politeknik yang tersebar di Selandia Baru dengan estimasi biaya pendidikan lebih murah, yaitu Rp 141.750.000 - Rp 189.000.000 per tahun. Pada institusi ini, materi pembelajaran lebih spesifik dibandingkan universitas.

Terakhir, terdapat lembaga swasta yang menyediakan program sarjana hingga doktoral dengan jumlah lebih dari 600 institusi yang ada di seluruh Selandia Baru. 



Lembaga swasta tersebut juga memiliki banyak tawaran beasiswa yang menggiurkan bagi para mahasiswa internasional yang ingin menimba ilmu di negara yang terkenal dengan buah kiwi tersebut.

Bagi Anda yang tertarik untuk melanjutkan sekolah di Selandia Baru, umumnya biaya hidup yang dikeluarkan sekitar Rp. 141.750.000 per tahun dengan jenjang pendidikan yang tergolong cepat, yaitu 3 tahun untuk menamatkan gelar sarjana dan satu tahun untuk gelar master atau S2. 








(TIN)