Ini Alasan Kenapa Anak Tunggal Cenderung Lebih Kreatif

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 18 May 2017 11:30 WIB
keluarga
Ini Alasan Kenapa Anak Tunggal Cenderung Lebih Kreatif
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bawah anak yang tumbuh tanpa memiliki saudara kandung cenderung memiliki struktur otak yang berbeda dibandingkan mereka yang memiliki saudara kandung.

Anak tunggal umumnya dilabeli sebagai anak yang egois dan manja. Namun, sebuah studi yang dilakukan oleh  Southwest University di Chongqing, Tiongkok menemukan bahwa hal tersebut tak hanya sekedar perilaku. Penelitian tersebut mencari tahu lebih dalam, yaitu pada bagian saraf.

Studi yang mempelajari 250 mahasiswa yang sebagian adalah anak tunggal tersebut melihat bagaimana kerja otak mereka saat melakukan tes kepribadian kreativitas, dan kepandaian. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak tunggal mengungguli mereka yang bersaudara dalam hal kreativitas namun memiliki skor yang lebih rendah terkait kepribadian yang menyenangkan.

Selain itu, penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa bagian otak turut berperan dalam pengembangan struktur dimana anak tunggal memiliki kreativitas lebih tinggi karena memiliki volume lebih besar pada bagian abu-abu di lubang parietal, bagian orak yang yang mengembangkan fleksibilitas mental dan imajinasi.

Sementara, lebih sedikit warna abu-abu pada bagian korteks prefontal medial yang berperan dalam hal pemikiran diri sendiri dalam hal menjalin hubungan.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga, tumbuh dengan saudara atau tidak, memengaruhi pertumbuhan struktur otak," demikian menurut para peneliti.

Mereka juga menemukan bahwa meskipun terbukti anak tunggal lebih pintar, namun mereka juga cenderung memiliki kepribadian yang tak disenangi seperti manja, egois, dan tak pandai dalam hal sosial karena selalu mendapat perhatian dari orang tua atau kakek-nenek mereka.

 


(DEV)