Tiga Kemampuan yang Harus Dimiliki di Era Globalisasi

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 15 Sep 2016 09:56 WIB
keluarga
Tiga Kemampuan yang Harus Dimiliki di Era Globalisasi
(Foto: siteparapolitica)

Metrotvnews.com, Jakarta: Di era globalisasi ini, kepandaian akademis saja dinilai tidak cukup. Seseorang butuh nilai tambah agar bisa bersaing dengan masyarakat global.

"Di Indonesia dulu ada pembentukan karakter, namun kini sudah tak ada lagi. Tak ada yang mau membiayai lagi," ungkap Susanna S. Hartawan selaku Managing Director Adam Khoo Learning Technologies Group dalam diskusi bertajuk Preferensi Orang Tua Indonesia Terhadap Pendidikan Terbaik Anak di Era Millennial, Rabu (14/9/2016).

Pakar di bidang pendidikan berkarakter dan kewirausahaan tersebut menilai ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki pada masyarakat abad 21 ini, terangkum dalam konteks Pelangi yang dibagi tiga jenis.


Pertama, kemampuan hidup dan karir. Di sini, seseorang harus bersikap fleksibel dan mampu beradaptasi agar bisa menghadapi tuntutan hidup, baik secara formal maupun tidak.

Kedua, kemampuan belajar dan inovasi dimana ada tiga kompetisi yang perlu dipenuhi, yaitu kreativitas, komunikasi, berpikir kritis, dan kolaborasi.

"Kemampuan ini dibutuhkan sebagai bentuk persiapan menjadi masyarakat global kelak," pungkasnya.

Terakhir, kemampuan untuk mengerti segala informasi, teknologi, dan media adalah hal krusial yang tak bisa dilupakan.

(Baca: Hasil Survei: Orangtua di Indonesia Pegang Kendali Tentukan Profesi Anak)

"Kini banyak anak-anak suka sekali menunduk, maksudnya mereka hanya bermain game dan menatap layar. Mereka ini pintar tapi mengalami masalah dalam hal karakter," sahutnya memberi contoh.

Ia menjelaskan, anak yang suka bermain game memiliki kemampuan motorik yang jauh lebih baik daripada anak yang tidak bermain.  Mereka juga cepat dalam hal bereaksi dan mampu multitasking karena terbiasa bertindak demikian saat bermain.

Namun sayangnya, karakter mereka dikategorikan minim dibanding anak normal, karena hanya sibuk berkutat dengan layar yang bersifat satu arah.



Lihat Video:




(DEV)