Metro Plus

Jauhkan Anak dari Stres Menjelang Ujian

   •    Jumat, 28 Apr 2017 13:02 WIB
ujian nasional
Jauhkan Anak dari Stres Menjelang Ujian
Ilustrasi. (Thinkstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada dasarnya, ujian merupakan proses yang membuat anak-anak mengerti bahwa selangkah lagi mereka akan memasuki babak baru. Jika kemudian stres, tak jadi soal, sebab sudah semestinya demikian.

"Karena stres itu membuat dia memiliki rasa tanggung jawab atas proses yang panjang. Tanpa ada ujian mereka tidak ada rasa tanggung jawab untuk mencapai dan melaluinya," kata trainer Aris Ahmad Jaya, dalam Metro Plus, Jumat 28 April 2017.

Begitu juga dengan serangkaian ujian yang dilakukan di sekolah, baik ujian nasional maupun ujian akhir sekolah. Hanya saja, kata Aris, stres yang dialami oleh anak jangan sampai dialami oleh orang tua.

Sebab, jika orang tua ikut-ikutan stres menjelang ujian, imbasnya timbul kekhawatiran yang berlebihan dan justru akan semakin membebani anak. Apalagi jika orang tua menginginkan hasil terbaik dari anak yang akan membuat beban mereka semakin berat.

Seharusnya, kata Aris, ada saatnya bagi anak untuk rekreasi, rileks menjelang ujian. Orang tua juga diharapkan mampu menyempatkan waktu untuk rekreasi bersama keluarga, seperti makan bersama kemudian istirahat dengan tenang dan nyaman.

"Karena pada dasarnya ujian nasional itu sudah dipersiapkan dengan utuh oleh sekolah. Anak sudah dilatih. Ketika anak dalam kondisi stres, yang terjadi mereka tidak nyaman. Ini tugas orang tua, bagaimana membuat suasana yang nyaman untuk mereka," jelas Aris.




(MEL)