Andareta, Atlet Sport Stacking Tercepat Indonesia

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 31 Jul 2018 16:18 WIB
Sport Stacking
Andareta, Atlet Sport Stacking Tercepat Indonesia
Andareta Ramadhani salah satu atlet yang tengah menjajaki bidang olahraga sport stacking. (Foto: Dok. Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan)

Jakarta: Apakah Anda senang bermain menyusun gelas saat kecil? Ternyata permainan tersebut telah menjadi ajang olahraga, yaitu sport stacking. 

Salah satu atlet yang tengah menjajaki bidang olahraga tersebut adalah Andareta Ramadhani Irawan, anak kelas 2 SMP yang sudah menggelutinya selama dua tahun terakhir. 

Andareta mengaku tertarik dengan sport stacking karena tertarik dengan kecepatan dalam menggerakkan tangan. 

"Pertama kali, tak sengaja melihat di YouTube. Melihat orang lain cepat bermain, jadi pengen coba," ujarnya dalam peluncuran kampanye Energen 'Sarapan Bernutrisi Agar Perut Terisi Siap Konsentrasi', Selasa 31 Juli 2018. 

Saat itu, Andareta yang kini berusia 13 tahun tersebut menggunakan gelas minum biasa dan mengaku kesulitan karena lengket sehingga tak bisa sigap dalam bermain.

(Baca juga: Cara Ini Melatih Otak Anda Jadi Lebih Cerdas)

Kini, Andareta termasuk dalam lima besar atlet tercepat dalam sport stacking di Indonesia dengan rekor 6,2 detik dalam satu kali permainan. Dua prestasi yang ia torehkan antara lain juara 1 Indonesia Sport Stacking Championship 2017 dan juara 2 PIK 2 Sport Stacking Challenge 2018.

Andareta mengaku bahwa permainan ini membuahkan kecepatan tangan dan konsentrasi tinggi dalam bermain. Oleh karena itu, tantangan dasar yang paling sering dia alami adalah gelas yang kerap terjatuh bila tak fokus. 

"Supaya bisa fokus, saya biasanya mengendalikan perasaan," tambah anaknya yang berlatih antara 1-2 jam per hari tersebut. 

Saat ini, Andareta bergabung dalam Komunitas Indonesia Sport Stacking bersama orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengannya. Rata-rata usia para anggota pun tak jauh berbeda dengan Andareta, bahkan banyak yang lebih muda.

Sport stacking adalah permainan ketangkasan tangan yang menggunakan gelas plastik dengan kedua sisi bolong. 

Dalam satu ronde, terdapat tiga kali penyusunan dengan masing-masing tiga menara. Pertama, menyusun tiga menara dengan masing-masing tiga tingkat. Kemudian, menyusun tiga menara dengan masing-masing 3, 6, dan 3 tingkat. Terakhir, menyusun satu menara 10 tingkat yang ada di tengah masing-masing satu gelas. 


(TIN)