Empat Tanda Anda Merasa Tertekan Menjadi Orang Tua

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 10 Apr 2018 15:17 WIB
keluarga
Empat Tanda Anda Merasa Tertekan Menjadi Orang Tua
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Mengurus anak memang menyenangkan, tetapi tak sedikit juga orang tua yang tak sadar menjadi stres karena kelelahan. 

"Seringnya, seseorang tak meyadari bahwa mereka mengalami depresi karena adanya tekanan menjadi orang tua. Hal ini nantinya akan memengaruhi hubungan dengan anak, mengingat anak akan meneladani sikap orang tua, dan berpengaruh pada perilaku anak saat besar," terang psikiater Dr Pawan Sonar, dilansir dari The Health Site.

Apakah Anda merasa stres dalam membesarkan anak, coba kenali tandanya.

1. Mudah tersinggung

Jika Anda terus menjelek-jelekkan, mudah tersinggung, dan menyalahkan perilaku anak; cobalah duduk sejenak untuk menenangkan perasaan dan emosi. Ketika menjadi orang tua, kesabaran adalah kunci. Jika Anda sering kehilangan kesabaran, cobalah berkonsultasi pada psikolog apakah Anda mengalami stres yang berat atau tidak. 

2. Melukai diri secara fisik

Anak-anak umumnya melakukan hal-hal seperti merusak barang atau berbuat nakal sehingga orang tua menjadi kesal dan tak jarang menegur dengan nada tinggi. Jika dilakukan saat Anda sedang dalam keadaan lelah dan sesekali, hal itu masih bisa dimaklumi. 

Namun, bila dilakukan dalam intensitas sering, bahkan ketika anak melakukan kesalahan kecil, maka itu perlu mendapat perhatian serius. Apalagi jika sudah melibatkan tangan dengan menampar atau mencubit anak, bisa jadi yang bermasalah adalah orang tua, bukan anak. 

3. Mudah marah

Ini adalah ciri pengasuhan yang tak sehat. Emosi orang tua yang meledak-ledak dapat memberi efek buruk pada anak di mana ia akan menjadi agresif atau sebaliknya, pemalu. Cobalah tidak melampiaskan kemarahan pada anak. Mudah marah bisa jadi merupakan gejala depresi yang Anda tak sadari. 

4. Tak bersemangat saat bersama anak

Bila Anda mengalami perasaan tersebut, sebaiknya waspada. Tak menanggapi anak karena kelelahan adalah hal yang wajar, tetapi tidak saat Anda tidak tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan perkembangan si kecil. Ketika Anda mulai tak bersemangat membahas prestasi, perkembangan, atau hal-hal baru seputar si kecil; kemungkinan Anda mengalami tekanan menjadi orang tua. 


Lihat video:




(DEV)