Atasi Kecanggungan Ketika Anda Kepergok Sedang Berhubungan Intim

Raka Lestari    •    Senin, 26 Mar 2018 16:00 WIB
keluarga
Atasi Kecanggungan Ketika Anda Kepergok Sedang Berhubungan Intim
Apa yang harus Anda lakukan ketika tiba-tiba anak Anda melihat Anda dan pasangan sedang melakukan hubungan intim? Berikut ini langkahnya. (Foto: Gabby Orcutt/Unsplash.com)

Jakarta: Sebagai pasangan suami istri, pastinya pernah melakukan hubungan intim. Dan hal tersebut adalah sesuatu yang penting bagi kehidupan rumah tangga yang sehat.

Namun, apa jadinya jika Anda dan pasangan sedang melakukan hubungan seks lalu tiba-tiba saja anak Anda tidak sengaja masuk ke dalam kamar Anda melihat Anda dan pasangan sedang melakukan hubungan intim? 

Tentunya, hal tersebut akan menjadi situasi yang menegangkan. Namun yang paling penting adalah jangan panik. Dengan anak Anda melihat Anda berhubungan seks tidak berarti bahwa mereka akan mengalami trauma seumur hidup. 

Situs web ChannelMum.com mensurvei lebih dari 2000 orang tua untuk menanyakan apa yang mereka katakan kepada anak-anak mereka jika mereka tidak sengaja melihat orang tuanya sedang melakukan hubungan intim. 

Siobhan Freegard, pendiri ChannelMum.com mengatakan kepada Metro.co.uk "Jika anak-anak Anda berada lewat usia remaja atau sudah berumur dua puluhan, dan sudah mendapatkan edukasi mengenai pendidikan seks yang cukup, sebaiknya jujur saja kepada mereka. Mereka akan tahu jika Anda berbohong dan Anda tentu saja tidak ingin merusak kepercayaan itu."


(Ketika anak Anda melihat Anda sedang berhubungan intim, yang paling penting adalah jangan panik. Dan sesuai dengan usianya jika masih kecil Anda bisa mencoba untuk berbicara dan menghibur sampai ia lupa. Jika anak Anda sudah remaja, ada baiknya Anda jujur serta berikan pengertian pada mereka. Foto: Kevin Gent/Unsplash.com)

(Baca juga: Pria Sering Tertidur Setelah Hubungan Seks? Ini Penjelasannya)

"Untuk anak-anak yang lebih kecil, Anda bisa melakukan penjelasan kepada mereka lalu mencoba mengajak ngobrol mereka mengenai hal-hal yang lain atau menghibur mereka sampai mereka melupakan kejadian yang baru saja mereka lihat tersebut."

Freegard menambahkan, "Ingat bahwa betapa pun memalukannya hal tersebut, Anda harus tetap bersyukur bahwa Anda dan pasangan masih saling mencintai dengan masih melakukan hubungan intim."

"Jadi, lain kali mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk melakukan hubungan intim ketika akhir pekan saat anak-anak Anda sedang tidak berada di rumah."

Namun ini juga perlu diingat bahwa meskipun itu adalah kesalahan yang mudah dilakukan, jika anak Anda terus-menerus terpapar aktivitas seksual di dalam rumah, seperti melihat orang tua berhubungan seks atau melihat hal-hal yang tidak sesuai usianya, akan menjadi pengalaman yang traumatis bagi anak dan termasuk kategori pelecehan.  









(TIN)