Tips Membeli Apartemen Bekas Pakai

Rosa Anggreati    •    Jumat, 13 Oct 2017 08:46 WIB
properti
Tips Membeli Apartemen Bekas Pakai
Di tengah keterbatasan lahan, apartemen menjadi alternatif yang cukup menjanjikan. Ilustrasi: Shutterstock

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap orang butuh tempat tinggal. Namun, mencari tempat tinggal di kota besar seperti Jakarta, tak semudah membalik telapak tangan. Di tengah keterbatasan lahan, hunian vertikal menjadi alternatif yang cukup menjanjikan.
 
Banyak alasan yang menyebabkan seseorang memilih tinggal di apartemen. Selain faktor gaya hidup, tinggal di apartemen menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan. Penghuni apartemen tak perlu repot merawat huniannya, privasi dan keamanan pun terjamin.
 
Selain membeli apartemen baru atau menyewa unit, membeli apartemen bekas pakai (second) bisa menjadi pilihan. Jika Anda tak ingin menempatinya, apartemen second bisa dijadikan investasi.
 
Sebelum memutuskan membeli apartemen second, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
 
1. Legalitas
 
Sebelum membeli unit apartemen, Anda harus mengecek legalitasnya. Apartemen legal dibekali surat izin penunjukkan dan penggunaan tanah, serta surat izin mendirikan bangunan (IMB). Hindari membeli unit yang didirikan di atas tanah sengketa.
 
 
(Foto:Shutterstock)
 
Atulay Nehra, Legal and Investment Consultant dari Magicbricks Bureau, mengatakan, "Sangat penting untuk mengecek apakah penjual adalah pemilik sah unit apartemen atau tidak. Semua dokumen harus terdaftar dengan benar dalam catatan resmi pemerintah. Ada perjanjian pembelian, akta penjualan, dan dokumen dasar lainnya yang harus Anda pastikan sebelum membeli properti lama."
 
2. Lokasi
 
Faktor lokasi patut menjadi pertimbangan. Lokasi yang berkembang akan membuat unit apartemen Anda menjanjikan keuntungan pada masa depan karena harga jualnya terus naik.
 
Pilih juga lokasi strategis yang terhubung dengan sarana transportasi umum seperti busway, kereta api kota (MRT), kereta api ringan (LRT), sehingga akan memudahkan penghuninya saat pergi bekerja, bersekolah, berbelanja, dan kegiatan lain.
 
3. Kondisi fisik
 
 
(Foto:Shutterstock)
 
Karena bekas pakai, Anda wajib memperhatikan setiap detail unit apartemen yang akan dibeli. Cek bangunan fisiknya, apakah ada retak atau cat terkelupas, jaringan listrik dan air berfungsi dengan baik. Periksa juga saluran air, jangan ada kebocoran atau tersumbat.
 
Hindari tergoda membeli unit apartemen berharga murah, tapi dalam kondisi rusak parah. Sebab, Anda harus mengeluarkan uang cukup banyak untuk memperbaikinya.


(TRK)