Jangan Lakukan 5 Hal Ini pada Anjing Anda

Kumara Anggita    •    Rabu, 16 Jan 2019 19:12 WIB
hewan peliharaan
Jangan Lakukan 5 Hal Ini pada Anjing Anda
Beberapa tindakan bisa memberikan efek kurang baik bagi pemilik maupun anjing tersebut. (Foto: Berkay Gumustekin/Unsplash.com)

Jakarta: Kita sering melakukan tindakan yang tidak tepat pada anjing peliharaan. Buruknya, beberapa tindakan bisa memberikan efek kurang baik bagi pemilik maupun anjing tersebut. Berikut hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan pada anjing Anda.

1. Memaksa akrab dengan anjing baru
Direktur Eksekutif di Michelson Found Animals Foundation, Aimee Gilbreath menyatakan bahwa pemilik anjing suka langsung membuat peliharaannya bergabung dengan anjing baru. Ini adalah situai yang berbahaya.  

"Jangan pernah memaksakan interaksi pada hewan Anda jika mereka merasa terancam. Anda dapat perlahan-lahan menyatukan anjing Anda dan anjing baru setelah mereka punya waktu untuk tenang," jelasnya.

2. Memberi makan anjing makanan manusia
Ketika Anda makan enak, rasanya ingin berbagi kenikmatan tersebut pada peliharaan, namun hal tersebut bisa membahayakan anjing Anda.

"Sementara sebagian besar buah-buahan dan sayuran baik untuk anjing, banyak juga yang tidak. Yang paling pantang adalah memberikan anggur, kacang-kacangan, bawang merah, dan bawang putih," kata Gilbert.


("Jangan pernah memaksakan interaksi pada hewan Anda jika mereka merasa terancam," ucap Direktur Eksekutif di Michelson Found Animals Foundation, Aimee Gilbreath. Foto: Nikolay Tchaouchev/Unsplash.com)

(Baca juga: Memahami Bahasa Tubuh Anjing Peliharaan)

3. Tertawa saat anjing berperilaku buruk
Banyak pemilik anjing secara tidak sengaja menciptakan monster. Direktur Eksekutif Motley Zoo Animal Rescue, Jme Thomas menyatakan bahwa banyak pemilik anjing yang membiarkan atau bahkan menertawai peliharannnya saat menggeram atau berperilaku buruk.

Akan tetapi hal ini membuat para anjing tersebut berpikir bahwa mereka mendapat perhatian karena menjadi jahat.

4. Mengomeli anjing
Meneriaki anjing ketika dia merusak barang mungkin melepaskan emosi Anda namun perilaku tersebut sesungguhnya tidak mengajarkan apa-apa pada anjing Anda.

“Disiplin bukan tentang mencaci maki mereka untuk menegaskan. Anjing membutuhkan isyarat hitam dan putih, yang sederhana seperti 'Saya suka itu' atau 'Saya tidak suka itu,' jelas Thomas. Jangan lupa untuk melakukannya dengan konsisten.

5. Menghukum anjing dengan mengikatnya
Tali anjing memang serbaguna namun banyak pemilik yang menggunakan tali dengan tidak tepat, termasuk membiarkan anjing mereka melepaskan tali pada waktu yang tidak tepat.

"Pelatihan tali adalah hadiah yang Anda berikan pada anjing Anda, bukan hukuman," kata Thomas.




(TIN)