Srikandi dan Agustin, Kuda yang Mengarak Kereta Kahiyang Ayu

Pythag Kurniati    •    Selasa, 07 Nov 2017 09:25 WIB
pernikahan kahiyang-bobby
Srikandi dan Agustin, Kuda yang Mengarak Kereta Kahiyang Ayu
(Foto: Pytag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Prosesi ijab kabul putri presiden Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution akan didahului dengan kirab kereta kuda. Srikandi dan Agustin, kuda yang terpilih menarik kereta kencana yang akan digunakan Kahiyang Ayu.

Pemilik kuda, Mujiono mengaku bangga kudanya dilibatkan dalam prosesi pernikahan putri presiden. Kuda tersebut, lanjut pria 41 tahun ini, adalah dua kuda pilihan.

Mujiyono memaparkan Srikandi dan Agustin berusia kurang lebih delapan tahun. Kedua kuda berjenis kelamin betina.

"Kudanya blasteran. Lokal dan peranakan," ungkap Mujiono kepada wartawan, Senin, 6 November 2017.

Pemesanan kuda datang dari keluarga presiden beberapa waktu lalu. Presiden Jokowi berpesan agar kuda yang digunakan jinak dan sederhana.

"Pak Jokowi malah enggak mau yang berlebihan," katanya.

Ia pun mengaku enggan menerima bayaran dari keluarga presiden. "Pokoknya ini partisipasi saya di pernikahan putri presiden," imbuh Mujiono.

Sehari-hari, Srikandi dan Agustin diberi makan seperti kuda pada umumnya. Makanannya adalah campuran rumput, bekatul, gandum, dan daun kacang tanah.

Hanya saja, perawatnya mengaku, bulu kuda coklat bernama Srikandi dan Agustin itu disikat rutin mendekati pernikahan putri presiden. Tak hanya itu ekor dan rambut kuda dicuci menggunakan sampo.

Mujiono memaparkan bukan kali pertama dilibatkan dalam acara keluarga pejabat.

"Mulai dari Wali Kota, Gubernur sampai presiden, kalau ada acara termasuk hajatan selalu memanggil kami," tutur Mujiono.

Delapan kereta kuda akan digunakan dalam pernikahan Kahiyang-Bobby pada 8 November 2017. Empat kereta kuda membawa Kahiyang Ayu dari kediaman presiden menuju Graha Saba Buana.

Empat kereta kuda lainnya digunakan oleh Bobby Nasution dan keluarganya. Kirab kereta kuda Bobby akan menempuh jarak kurang lebih 3 kilometer dari Hotel Alila menuju Graha Saba Buana.

Kedua calon mempelai bakal bertemu di gedung Graha Saba Buana untuk melangsungkan prosesi ijab kabul.




(DEV)