Cara Mengecek Background Pengasuh Bayi Anda

Raka Lestari    •    Senin, 21 May 2018 11:14 WIB
keluarga
Cara Mengecek Background Pengasuh Bayi Anda
Anda perlu mengecek ulang latar belakang pengasuh yang akan membantu Anda mengawasi bayi Anda. Hal itu dilakukan agar memberikan rasa aman. (Foto: Douglas J S Moreira/Unsplash.com)

Jakarta: Meninggalkan bayi Anda sendirian di rumah tentunya akan membuat orang tua merasa sangat khawatir. Dan itu akan menjadi sangat sulit jika Anda tidak memiliki teman dekat, keluarga, atau tetangga yang dapat Anda andalkan. 

Di sini peran pengasuh sangat dibutuhkan. Namun, dalam memilih pengasuh pun tidak bisa sembarangan. Anda tidak boleh memilih pengasuh yang tidak bisa Anda percaya sepenuhnya karena keselamatan bayi Anda berada di tangan mereka ketika Anda sedang tidak berada di rumah. 

Untuk itu, mengetahui latar belakang mengenai pengasuh bayi Anda sangatlah penting. Untungnya, saat ini sebagian besar perusahaan pengasuhan anak yang resmi telah melakukan penyeleksian dan pemeriksaan latar belakang pada semua pengasuh dan asisten rumah tangga sebelum diterima. 

Meskipun begitu, Anda tetap perlu mengecek ulang latar belakang pengasuh yang akan membantu Anda mengawasi bayi Anda. Hal itu dilakukan agar memberikan rasa aman. 

(Baca juga: Tips Praktis agar Si Kecil Tak Terlalu Lengket dengan Pengasuh)


(Mengetahui latar belakang mengenai pengasuh bayi Anda sangatlah penting. Foto: Ashley Batz/Romper)

Dikutip dari Romper.com, untuk melakukannya hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menanyakan nama lengkap mereka disertai dengan KTP/SIM.

Kemudian jika di luar negeri Anda dapat menggunakan situs web seperti Criminal Watchdog dan membayar untuk pemeriksaan latar belakang, di sini Anda bisa melaporkan keberadaan pengasuh bayi Anda kepada pihak yang berwenang di lingkungan rumah, misalnya RT dan RW. Hal ini agar nama pengasuh Anda dapat diketahui serta dicatatkan keberadaanya.

Kemudian jika Anda memiliki pengasuh bayi yang bisa mengendarai mobil atau motor, Anda bisa mengecek ke kantor polisi dengan memberikan nomor SIM mereka untuk mengetahui apakah mereka pernah terlibat kecelakaan atau pelanggaran kendaraan bermotor. Selain itu, Anda bisa mendapatkan referensi dari orang lain yang sebelumnya pernah bekerja dengan pengasuh bayi Anda. 




(TIN)