Kalbe Ingin Generasi Muda Lebih Mencintai Sains

Raka Lestari    •    Sabtu, 03 Nov 2018 11:56 WIB
sainsanak-anakkalbe farma
Kalbe Ingin Generasi Muda Lebih Mencintai Sains
Booth Kalbe di Indonesian Science Expo (Foto: Medcom/Raka)

Jakarta: Dunia sains merupakan salah satu hal penting yang ada dalam kehidupan. Dengan adanya perkembangan dalam dunia sains, kehidupan sehari-hari akan semakin dipermudah. Namun sayangnya, anak-anak muda zaman sekarang cenderung kurang tertarik terhadap hal-hal yang berhubungan dengan dunia sains dan menganggap bahwa dunia sains merupakan salah satu hal yang tidak gaul atau tidak menyenangkan.

"Sains itu sesuatu yang cool jadi bukanlah sesuatu yang kaya kutu buku gitu sekarang. Mereka-mereka yang berhasil mengembangkan Facebook atau penemu Tesla juga itu kan mereka berbasis sains. Jadi mari kita banyak pelajari bidang sains karena sekarang sangat diperlukan dan bukan hanya untuk orang-orang yang kutu buku," ujar Bernadetta Ruth Irawati Setiady, selaku Presiden Komisaris PT Kalbe Farma, Tbk, dalam acara Indonesian Science Expo 2018 di kawasan ICE BSD, Tangerang Selatan, Jumat 2 Oktober 2018.

Dan dari Kalbe sendiri, untuk mengajak generasi muda lebih mencintai sains diadakanlah Kalbe Junior Science Awards (KJSA).

"Latar belakang diadakan KJSA itu untuk menimbulkan minat bagi anak-anak muda khususnya yang berhubungan dengan sains. Bagi kami yang berada di industri yang berhubungan dengan farmasi berhubungan dengan stem cell, dengan nutrisi atau alat-alat kesehatan bisa mendapat banyak sekali ide-ide dari mereka dan kami ingin bagaimana mereka dari sejak muda sudah memiliki minat di bidang sains untuk seterusnya menjadi periset jangka panjang," ujar Ira.

Menurut Ira, KJSA ini sudah dilakukan selama delapan tahun berturut-turut. Dan selain KJSA, Kalbe juga bekerjasama dengan Ristekdikti mengadakan Ristekdikti Kalbe Science Award (RKSA).

"Kita sudah mengadakan KJSA dan RKSA memang secara bergantian, kemarin kita mengadakan RKSA yang keenam dan KJSA sudah 8 tahun dari yang minatnya sedikit sekali dan sampai sekarang LIPI juga mengadakan science expo seperti ini. Itulah yang sebenarnya kita ingin lakukan yaitu minat dari anak-anak SD yaitu melalui KJSA dan untuk RKSA dari mereka yang sudah menjadi saintis agar bisa terus melakukan penelitian," paparnya.

 


(ELG)