Mendongengkan Sejak Bayi Dapat Tingkatkan Kemampuan Bahasa Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 12 May 2017 18:18 WIB
perkembangan anak
Mendongengkan Sejak Bayi Dapat Tingkatkan Kemampuan Bahasa Anak
Membacakan sejak anak berusia di bawah lima tahun dapat memperkuat keterampilan membaca dan menulis anak. (Foto: Recommendedmom.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang senang mendongengkan anak bahkan sejak usia dini, pertahankan kebiasaan tersebut. Sebuah penelitan yang dipresentasikan dalam Pediatric Academic Societies Meeting tahun 2017 menemukan bahwa mendongengkan bayi sejak berusia 6 bulan, terutama secara interaktif dengan memberi efek suara atau gerakan.

Tak hanya itu, mendongengkan juga bisa membuat kemampuan bahasa serta membaca dan menulis lebih tinggi saat menginjak bangku sekolah dasar empat tahun kemudian. 

"Penelitian ini menarik karena tindakan sederhana seperti membacakan dapat memberi efek berkepanjangan," tukas pemimpin studi Carolyn Cates dalam sebuah pernyataan. 



(Baca juga: Tidur Siang Bantu Tingkatkan Kemampuan Bahasa Anak)

Para peneliti memeriksa 250 pasangan orang tua-anak yang berusia 6 bulan hingga 4,5 tahun dan melihat pada kuantitas (jumlah buku yang dibaca, berapa kali dibacakan dalam seminggu) dan kualitas (apakah orangtua mendiskusikan buku dengan anak).

Menurut para peneliti, membacakan sejak anak berusia di bawah lima tahun dapat memperkuat keterampilan membaca dan menulis anak, misalnya penulisan nama sendiri di usia 4 tahun.           

Penelitian tersebut didasarkan pada penelitian tahun 2014 yang menyatakan bahwa menyantap 500 buku dalam kurun waktu 2,2 tahun dapat meningkatkan kemapuan membaca anak. 







(TIN)