Tips Menyusui Bayi Kembar

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 04 Aug 2018 18:23 WIB
air susu ibutips keluarga
Tips Menyusui Bayi Kembar
Tips Menyusui Bayi Kembar (Foto: istock)

Jakarta: Memiliki bayi kembar adalah kebahagiaan tersendiri, meskipun pengasuhannya juga dua kali lipat. Bahkan, dalam hal menyusui pun cukup menguras tenaga.

Berikut adalah beberapa cara menyusui bayi kembar agar tidak kewalahan dan nutrisi untuk buah hati tetap terpenuhi.

1. Memiliki pendukung atau penyemangat
Jangan melakukan segala sesuatu sendirian. Mintalah dukungan sosial dari pasangan dan keluarga. Kemudian, untuk urusan rumah tangga, berbagi tugaslah. Selain itu, libatkan pasangan dalam hal menyusui, misalnya menemani supaya lebih bahagia.

2. Sediakan botol susu
Menyusui dua bayi memang melelahkan. Oleh karena itu, cobalah memberikan susu botol pada bayi saat sedang menyusui bayi lainnya. Pastikan Anda melakukannya secara bergantian karena sehingga kedua bayi mendapatkan kesempatan kontak langsung dengan ibu sehingga memperkuat ikatan ibu-anak.

3. Susui pada waktu yang sama
Jam makan yang sama pada bayi akan memberi waktu istirahat lebih banyak . Selain itu, bila kedua bayi memiliki jadwal menyusu yang berbeda, maka mereka akan terganggu saat sedang melakukan aktivtas lain, misalnya saat tidur harus dibangunkan untuk disusui karena sudah gilirannya.

4. Pelajari posisi menyusui terbaik
Cobalah memakai bantal menyusui khusus kembar yang cocok untuk kedua bayi dan pelajari seni teknik pemberian ASI khusus untuk bayi kembar seperti posisi tangan menempatkan satu bayi di bawah setiap lengan atau meletakkan menyusui di mana kepala bayi adalah di payudara dengan kaki menghadap ke bawah.

5. Jangan memaksakan diri berlebihan
Ketika Anda menyadari bahwa Anda telah mencapai batas dan tubuh tidak dapat memberi ASI lagi, lebih baik beralih ke menyapih.

 


(ELG)