Usia Berapa Anak Bisa Berlatih Sepeda Roda Dua?

Raka Lestari    •    Rabu, 23 May 2018 13:08 WIB
tumbuh kembang anak
Usia Berapa Anak Bisa Berlatih Sepeda Roda Dua?
Usia 2 tahun adalah waktu ideal untuk mengajari anak latihan sepeda roda dua (Foto: Romper)

Jakarta: Mengajari anak naik sepeda bukan hal yang mudah. Perlu banyak latihan dan kesabaran dari orang tua agar anak cepat mahir. Namun, kapankah waktu yang tepat untuk mengajari anak naik sepeda?

Secara umum, anak-anak dapat mulai menggunakan sepeda roda dua di sekitar usia 18 bulan dan masih dapat bermain dengan sepedanya hingga usia 5 tahun. Anak-anak sebaiknya mulai menggunakan sepeda roda dua sekitar usia 2  tahun atau mungkin bisa sedikit lebih muda. 

Seperti kebanyakan keterampilan baru, waktu yang tepat untuk anak Anda mulai menggunakan sepeda keseimbangan bergantung pada perkembangan individu, tinggi badan, dan tingkat keterampilan anak.

Umumnya anak-anak yang berusia sekitar usia dua tahun sudah dapat mulai menggunakan sepeda roda dua. Jika si kecil Anda tampaknya sudah siap, maka biarkan mereka untuk mencobanya. 

"Keterampilan menyeimbangkan dan mengayuh berasal dari berbagai bagian otak, sehingga anak-anak yang mampu melakukan satu keterampilan baru yang berasal dari kemampuan yang berbeda  bisa sangat bermanfaat, terutama anak-anak yang mengalami keterlambatan dalam hal motorik," kata Dr Tara Cancellaro, dokter perkembangan anak kepada NBC News

Lihat video:





(DEV)