Pentingnya Memiliki Kemampuan Berbahasa di Usia Dini

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 22 May 2018 11:49 WIB
perkembangan anak
Pentingnya Memiliki Kemampuan Berbahasa di Usia Dini
Peneliti lain Kathy Hirsh-Pasek mengungkapkan bahwa bahasa, kemampuan untuk belajar kata-kata dengan lancar dan merangkai mereka menjadi kalimat, adalah hal yang krusial. (Foto: London Scout/Unsplash.com)

Jakarta: Kemampuan berbahasa sangat berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan anak saat dewasa. Tak hanya dalam hal komunikasi, kelebihan berbahasa juga bermanfaat pada area lain. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Washington menemukan bahwa kemampuan bahasa yang baik mendukung kesuksesan dalam bidang akademik dan sosial. 

"Banyak penelitian fokus pada matematika, sains, dan literasi, tetapi tak sadar bahwa bahwa memegang peran penting," tukas peneliti Amy Pace. 

Studi tersebut melihat keterampilan kesiapan bersekolah yang komprehensif dan mencoba menentukan apa yang merupakan prediktor paling kuat dari keberhasilan anak nantinya.


(Kemampuan berbahasa sangat berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan anak saat dewasa. Tak hanya dalam hal komunikasi, kelebihan berbahasa juga bermanfaat pada area lain. Foto: Alvaro Reyes/Unsplash.com)

Peneliti lain Kathy Hirsh-Pasek mengungkapkan bahwa bahasa, kemampuan untuk belajar kata-kata dengan lancar dan merangkai mereka menjadi kalimat, adalah hal yang krusial. 

Untuk penelitian ini Pace dan rekan-rekannya memeriksa data longitudinal dari sekitar 1.200 anak-anak. Penelitian tersebut menggunakan beberapa ukuran keterampilan akademik dan sosial pada usia dan tingkat kelas tertentu, termasuk evaluasi saat masuk ke taman kanak-kanak dan di kelas 1, 3 dan 5.

(Baca juga: Kemampuan Bilingual Mempermudah Anak dengan Autisme Belajar)

Pemodelan kurva pertumbuhan memungkinkan tim untuk melihat tingkat kinerja anak-anak sepanjang waktu dan menyelidiki tingkat perubahan pada waktu tertentu di sekolah dasar.

Hasilnya, hanya kemampuan bahasa yang bisa memprediksi performa anak dalam berbagai area seperti kemampuan matematika, membaca, dan sosial. 


(Keterampilan membaca adalah kemampuan untuk untuk memecahkan kode huruf dan kombinasi suara untuk mengucapkan kata-kata, dan untuk memahami arti kata dan konteks. Foto: Sebastián León Prado/Unsplash.com)

Kemampuan membaca di TK meramalkan kemampuan membaca, matematika dan bahasa di masa depan. Artinya kemampuan matematika berkorelasi dengan matematika dan membaca kinerja dari waktu ke waktu.

Di satu sisi, Pace menambahkan, orang kerap bingung membedakan kemampuan bahasa dan literasi (melek huruf). 

Keterampilan membaca adalah kemampuan untuk untuk memecahkan kode huruf dan kombinasi suara untuk mengucapkan kata-kata, dan untuk memahami arti kata dan konteks.

Sementara keterampilan bahasa adalah kemampuan untuk menyebarkan kata-kata itu dan menggunakan sintaksis dan tata bahasa yang rumit untuk berkomunikasi dalam ucapan dan tulisan. 

"Dan inilah mengapa bahasa memiliki potensi untuk memengaruhi area pengembangan lainnya," kata Pace.




(TIN)