Tips Menyimpan Bawang dan Kentang

Raka Lestari    •    Selasa, 11 Dec 2018 17:21 WIB
tips & trik
Tips Menyimpan Bawang dan Kentang
Berikut ini adalah beberapa cara untuk menyimpan kentang dan bawang. (Foto: Lukas Budimaier/Unsplash.com)

Jakarta: Mungkin sebagian dari Anda belum banyak yang mengetahui bahwa kentang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas.

Mudah sekali bagi Anda untuk menyimpan kentang dengan bahan makanan lainnya yang ada di dapur, salah satunya adalah bawang.

Padahal sebenarnya, menyimpan kentang dan bawang secara bersamaan bukanlah ide yang baik. Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa cara untuk menyimpan kentang dan bawang.

(Baca juga: Tips Menyimpan Bumbu Masakan dalam Kulkas)


(Jangan simpan kentang dan bawang berdekatan, karena akan mudah lembek. Foto: Nic D/Unsplash.com)

1. Jauhkan satu sama lain
Kentang dan bawang merupakan pasangan yang tepat jika Anda memasaknya. Namun sebenarnya mereka harus disimpan jauh dari satu sama lain.

Kenapa? Bawang menghasilkan dan mengeluarkan gas etilen, yang mempercepat proses pemasakan dan dapat menyebabkan kentang yang berada di dekatnya membusuk dan rusak lebih cepat.

2. Cara menyimpan kentang
Kentang harus disimpan di tempat sejuk, gelap, kering, seperti dapur atau lemari. Gunakan wadah penyimpanan dengan sirkulasi udara yang baik.

Seperti peti kayu, kotak kardus dengan lubang yang dilubangi, atau wadah apa pun yang dapat mengurangi tingkat kelembapan yang berlebih. Biarkan wadah tertutup untuk menghalangi cahaya dan mencegah munculnya tunas pada kentang.

3. Cara menyimpan bawang
Bawang juga harus disimpan di ruang dengan sirkulasi udara yang baik, seperti meja dapur, atau Anda juga dapat menyimpannya dalam kantong kertas atau bahkan keranjang.  

Sebaiknya Anda tidak menyimpan bawang di lemari es, karena suhu dingin dengan cepat akan membuat bawang Anda menjadi lembek dan tidak bisa digunakan lagi.




(TIN)