Tips Membentuk Diri Menjadi Orang Sukses

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 16 Jun 2017 07:00 WIB
bukuuntukindonesia
Tips Membentuk Diri Menjadi Orang Sukses
Dengan membaca buku, seseorang akan menemukan banyak inspirasi dan menjadi lebih kreatif (Foto:Mpasho.co.ke)

Metrotvnews.com, Jakarta: Orang sukses bukan hanya diukur dari berapa keuntungan yang diperoleh setiap bulannya. Orang sukses adalah mereka yang kaya akan inspirasi sehingga kreatif dalam menciptakan produk menarik dan berkualitas.

Untuk memulainya, terkadang orang kesulitan menemukan kreativitas karena kekurangan inspirasi. Karena sulit untuk menemukan insiprasi, seseorang hanya pasrah terhadap keadaan. Sampai batas tertentu, ia hanya duduk menunggu kreativitas dan inspirasi datang dengan sendirinya.

Jika Anda ingin menjadi orang sukses, jangan cuma menunggu inspirasi datang. Lakukan sesuatu untuk mendapatkan inspirasi sehingga kesuksesan semakin dekat dengan genggaman.

Bagaimana cara mendapatkan inspirasi menuju kesuksesan?

1. Tuliskan  ide

Tuliskan semua ide bagus, gagasan buruk, gagasan mengerikan, renungan acak, mimpi, dan segalanya. Menuangkan buah pikiran di atas kertas akan membantu Anda menemukan inspirasi dan mendorong otak bekerja mencari peluang sukses.

2. Lingkungan baru

Ruang fisik di sekitar kita memiliki dampak mengejutkan pada proses berpikir. Menghabiskan waktu untuk melakukan brainstorming jauh dari meja kerja bisa sangat produktif. Keluar dari zona nyaman Anda dan masuklah ke lingkungan baru. Anda akan terkejut menemukan betapa banyak inspirasi di sana.

3. Banyak bertanya

Untuk memperoleh sebuah inspirasi, jangan malu untuk sering bertanya kepada mereka yang telah lebih dulu sukses. Terkadang dibutuhkan perspektif yang berbeda untuk mendapatkan inspirasi.

4. Jauhi gangguan

Smartphone dan gadget lainnya, juga internet, acap kali merusak konsentrasi Anda dalam menemukan inspirasi. Godaan berselancar di media sosial, main game, akan membuyarkan Anda dalam mencari ide kreatif.

5. Fokus pada diri sendiri

Tidur yang cukup, berlibur, lakukan apa yang diperlukan untuk menemukan inspirasi. Begitu Anda berada di sana, ide kreativitas akan keluar dengan sendirinya.

6. Berpikiran terbuka

Jangan membuat pengkotak-kotakan. Mencari inspirasi bisa dari mana saja. Tak melulu terbatas dari pengusaha sukses. Seorang karyawan biasa pun bisa jadi kaya akan ide dan wawasan.

7. Mendengar musik

Terkadang mendengar musik bisa memicu kreativitas otak. Dengarkan musik favorit dan biarkan otak Anda bekerja mencari ide.

8. Belajar dari pengalaman

Pengalaman masa lalu bisa menjadi sumber inspirasi. Menelusuri kreativitas pikiran hebat pada masa lalu dapat membantu Anda menemukan solusi baru di masa sekarang.

9. Manfaatkan internet

Internet adalah 'perpustakaan' terbesar dan paling beragam di dunia. Jelajahi dunia maya dan temukan inspirasi menari di sana. Namun, Anda tetap harus fokus pada tujuan. Jangan tergoda bermain internet untuk hal yang melenceng dari tujuan semula.

10. Membaca buku

Meskipun ini sudah era digital dan internet bisa dengan mudah digunakan untuk mencari inspirasi, jangan pernah menghilangkan budaya membaca buku. Hampir setiap pengusaha sukses membaca buku saat mereka tidak sedang bekerja. Mereka membaca buku dan makalah yang mencakup subjek di luar bidang mereka untuk memperluas pengetahuan dan menemukan koneksi baru.

Buku adalah jendela dunia. Melalui membaca buku berbagai inspirasi dan pengetahuan umum dengan mudah diperoleh. Dengan membaca buku, maka akan semakin banyak kreativitas yang dimiliki. Oleh sebab itu, jangan biarkan waktu luang Anda berlalu sia-sia tanpa membaca buku.

Sayangnya, masyarakat Indonesia masih banyak yang belum mendapatkan akses memeroleh buku bacaan. Survei UNESCO mencatat indeks minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen. Itu artinya, setiap seribu penduduk hanya satu orang yang memiliki minat baca.

Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia, salah satunya disebabkan faktor belum meratanya distribusi buku ke seluruh daerah. Akses yang sulit menyebabkan harga buku di daerah pelosok relatif mahal sehingga orang menjadi enggan untuk membeli buku.

Akibatnya anak-anak di daerah pelosok tidak mempunyai kesempatan untuk membaca buku. Mereka hanya memiliki pengetahuan yang terbatas dan sulit untuk menggapai cita-citanya. Mereka membutuhkan tangan kita untuk memperoleh masa depan yang cerah dengan adanya sebuah buku. Melalui gerakan #BukuUntukIndonesia, Anda dapat terlibat dalam penyediaan akses buku untuk anak-anak Indonesia.

Anda dapat melakukan langkah kebaikan membantu penyediaan buku untuk anak-anak Indonesia dengan mengunjungi tautan www.BukuUntukIndonesia.com.  Klik tombol "berbagi" di website Buku Untuk Indonesia. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman Blibli.com untuk memilih paket berbagi yang diinginkan.

Dengan berbagi minimal Rp100 ribu saja Anda sudah berpartisipasi untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Nantinya, dana yang terkumpul melalui gerakan #BukuUntukIndonesia akan dikonversi menjadi buku dan disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia.


(ROS)