Ini Penyebab Pakaian Kesayangan Anda Mengerut

Yatin Suleha    •    Selasa, 13 Jun 2017 12:48 WIB
tips & trik
Ini Penyebab Pakaian Kesayangan Anda Mengerut
Pakaian Anda mengecil adalah karena Anda menggunakan air panas untuk mencuci, atau terkena udara panas saat Anda mengeringkannya. (Foto: Pinterest/Instagram)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernah mempunyai pengalaman tentang kaos kesayangan Anda yang mengerut atau mengecil? Mungkin bukan karena berat badan Anda yang bertambah, melainkan karena Anda salah mencucinya.

Dilansir dari Business Insider pakaian Anda mengecil adalah karena Anda menggunakan air panas untuk mencuci, atau terkena udara panas saat Anda mengeringkannya.

Mencuci pakaian dalam air panas atau terkena udara yang panas bisa membuat membuat bahan katun dan wol mengecil atau memendek. Energi dari panas bertindak sebagai penghilang tekanan. 



(Baca juga: 4 Kesalahan saat Mencuci Pakaian Dalam)

Bahan dari pabrik terbuat dari polymer. Polymer ini ditekan dan meregang saat dibuat mejadi pakaian. Dan mencucinya dengan air panas atau mengeringkannya dengan udara panas mengembalikan bahan tersebut menjadi lebih pendek (seperti sedia kala). 

Walau tak dipungkiri secara alamiah memang serat-serat mengerut. Namun, tindakan pencucian dengan air panas atau pengering dengan udara panas membuat serat mengerut.

Itulah mengapa kaos kesayangan Anda nampak lebih ketat atau lebih kecil terlihat memendek.

Jadi bagaimana cara menghindarinya?

1. Periksa label pakaian. Cek juga pakaian tersebut terbuat dari bahan apa. Karena bahan katun dan wol mudah menyerap air. Mudah menyerap banyaknya air berarti banyak serat kontak dengan air dan ini menyebabkan mudahnya pakaian mengerut. Anda bisa mencari pakaian yang antikerut.

2. Cuci pakaian Anda yang terbuat dari katun dan wol dengan air dingin (air biasa saja). Hindari dari udara panas saat mengeringkannya.

3. Pisahkan bahan nylon dan polyester yang menyerap sedikit air dan tahan panas.









(TIN)