Anak Pertama Kali Menginap di Tempat Lain? Lakukan Tips Berikut

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 08 Jul 2017 12:10 WIB
perkembangan anak
Anak Pertama Kali Menginap di Tempat Lain? Lakukan Tips Berikut
Anak Pertama Kali Menginap di Tempat Lain? Lakukan Tips Berikut (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada masanya di mana anak akan menginap di tempat lain selain rumah, seperti rumah teman atau kerabat. Tentunya hal tersebut membuat cemas orang tua maupun anak.

Namun, sebagai orang tua, berikut beberapa hal yang perlu Anda katakan pada si kecil yang pertama kali tidur malam di luar jangkauan Anda.

1. Situasi yang berbeda
Katakan ada beberapa kebiasaan yang tak bisa dilakukan saat tidak berada di rumah, misalnya dongeng sebelum tidur dan camilan malam. Oleh karena itu, rencana lain untuk membuatnya tetap nyaman perlu dibicarakan.

2. Menjaga sikap
Meskipun selalu bersikap baik dalam keseharian, tetap ingatkan si kecil untuk menjaga sikap seperti akomodatif, mengucapkan terima kasih pada pemilik rumah, dan bangun saat yang lain sudah bangun tidur. Hal-hal kecil tersebut dapat meninggalkan kesan yang baik.

3. Bisa dihubungi
Meskipun akan ada banyak kegiatan menyenangkan dilakukan, si kecil bisa saja merasa tak nyaman. Tidur di tempat baru dapat menakutkan baginya. Beritahukan pada mereka bahwa tak masalah menelpon Anda kapan saja.

Pastinya, yakinkan anak Anda bahwa ia akan bersenang-senang dengan teman-teman dan memiliki pengalaman yang menyenangkan.


 


(ELG)