Tradisi-tradisi Menyambut Perayaan Hari Raya Imlek

Raka Lestari    •    Jumat, 16 Feb 2018 11:52 WIB
perayaan imlek
Tradisi-tradisi Menyambut Perayaan Hari Raya Imlek
16 Februari 2018, menandai hari pertama di Tahun Anjing dalam kalender tanggalan China. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Tahun Baru Imlek adalah perayaan yang besar bagi warga dan keturunan Tionghoa di seluruh dunia. Di China dan Taiwan, kantor dan sekolah tutup selama seminggu, dan lebih dari 3,5 miliar orang diperkirakan akan melakukan perjalanan sehingga mereka dapat merayakan Tahun Baru Imlek bersama dengan orang-orang yang mereka cintai.

16 Februari 2018, menandai hari pertama di Tahun Anjing, tapi sebelum Anda merayakannya ada beberapa tradisi yang biasanya dilakukan untuk menyambut Perayaan Imlek.

1. Bersih-bersih
Gosok setiap sudut dan celah rumah Anda untuk menyingkirkan berbagai kotoran yang menumpuk selama setahun sebelumnya. Anda harus menyelesaikan pekerjaan Anda sebelum hari Raya Imlek dan menyembunyikan alat-alat pembersih Anda. Jika Anda menggunakannya pada hari pertama, hal itu akan menyapu atau menyedot kekayaan Anda.

(Baca juga: Alasan Mengapa Warna Merah Identik dengan Tahun Baru China)


(Menurut tradisi, hong bao atau amplop merah berisi sejumlah uang yang signifikan yang diberikan kepada anak-anak, orang dewasa yang belum menikah, dan manula pada Malam Tahun Baru. Foto: Courtesy of Clique Vodka)

2. Membayar hutang
Jika Anda meminjam uang dari keluarga atau teman tahun lalu, membayar mereka kembali sebelum dimulainya Hari Raya Imlek, hutang yang tidak dibayar akan membawa Anda dalam kemalangan. Hal yang sama berlaku untuk perselisihan atau dendam yang belum terselesaikan, jadi bersikaplah baik.

3. Mempercantik diri
Potongan rambut dan pakaian baru bisa membuat Anda tampil menawan di Hari Raya Imlek. Tetapi pastikan untuk menjauh dari nuansa hitam-putih karena itu bisa membawa ketidakberuntungan di tahun yang baru. Sama seperti bersih-bersih, memotong rambut di hari pertama tahun baru juga bisa memotong nasib baik.

4. Makan besar bersama keluarga
Malam yang paling penting untuk berkumpul adalah malam tahun baru. Saat itulah Anda berkumpul dengan orang-orang terdekat dan tersayang untuk makan malam. Makanan-makanan yang sangat erat kaitannya dengan kemakmuran adalah ikan, kue-kue kecil, dan juga kue beras ketan.

5. Menjadi dermawan
Menurut tradisi, hong bao atau amplop merah berisi sejumlah uang yang signifikan yang diberikan kepada anak-anak, orang dewasa yang belum menikah, dan manula pada Malam Tahun Baru.









(TIN)