Sentuhan Ibu Bantu Bangun Rasa Percaya Diri Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 22 Nov 2016 16:13 WIB
psikologi anak
Sentuhan Ibu Bantu Bangun Rasa Percaya Diri Anak
(Foto: Free Wallpaper)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sentuhan ibu kepada bayi mampu memberikan kenyamanan sekaligus membangun emosi antara orangtua dengan anak.

Hal tersebut diungkapkan Vera Itabiliana Hadiwidjojo dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI). Ia menjelaskan pentingnya sentuhan ibu pada anak sejak dini, bahkan saat baru lahir.

"Sentuhan ibu ini terkait dengan apa yang dirasakan oleh anak saat masih berada dalam kandungan," ujarnya dalam edukasi kesehatan yang berlangsung di Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Ia menjelaskan, anak merasakan kenyamanan dan kehangatan saat berada dalam kandungan. Saat telah dilahirkan, kenyaman tersebut akan hilang dan hal itu mengagetkan anak. Oleh sebab itu, kebanyakan bayi yang batu lahir akan menangis.

"Satu hingga dua tahun pertama adalah masa dimana anak belajar, apakah dunia luar senyaman kandungan ibu. Si sinilah sentuhan ibu berperan besar," tambahnya.

Melalui sentuhan, ibu bisa meyakinkan anak untuk membangun kepercayaan diri menghadapi dunia luar dengan beberapa aksi seperti membelai atau menggendong.

Kontak fisik adalah bentuk tak langsung bagaimana persepsi anak pada dunia luar sehingga semakin banyak sentuhan, akan memberi rasa aman pada si kecil.

 


(DEV)