Belajar Menjadi Ibu yang Baik dari Keluarga Sendiri

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 02 Mar 2017 15:32 WIB
keluarga
Belajar Menjadi Ibu yang Baik dari Keluarga Sendiri
(Foto: Realkidshades)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski tak ada sekolah khusus untuk mengajari perempuan agar bisa menjadi ibu yang sempurna, tak berarti seorang perempuan tak bisa menjadi ibu yang baik. Hal itu diungkapkan psikolog Tika Bisono. Menurutnya, seseorang bisa belajar menjadi ibu yang baik dari keluarganya sendiri.

"Mentor kita dalam hal ini adalah ibu kita sendiri. Sebelum sekolah formal, kan ada sekolah informal, yaitu rumah. Gurunya? Ya ibu kita sendiri," terangnya dalam edukasi kesehatan yang berlangsung di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Ini artinya, sikap kita sebagai ibu akan menjadi teladan anak-anak, kelak.  Ia mengibaratkan, jika seorang ibu bisa menjadi guru yang baik, maka anak kemungkinan akan memiliki pribadi yang baik juga meski beberapa indikator seperti lingkungan sekolah dan tempat bermain anak juga menentukan perilakunya.

"Ada juga anak yang bisa menjadi baik dan tangguh justru karena mengetahui ibunya tidak tangguh dalam mengurus mereka," ujarnya.

Oleh karena itu, Tika menyarankan agar setiap anggota keluarga, baik anak ke orangtua maupun sebaliknya, untuk saling menghargai satu sama lain karena pada dasarnya memang tak ada sistem pengasuhan yang sempurna.

"Ketidaksempurnaan orangtua adalah sesuatu yang harus dihargai karena itu juga mereka dapat dari orangtua mereka. Dari situ justru kita bisa membuat perbaikan ke depannya," ungkapnya.


(DEV)