Kebiasaan Makan Anak Terbentuk Sejak Masih Menyusui

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 09 Sep 2016 11:01 WIB
keluarga
Kebiasaan Makan Anak Terbentuk Sejak Masih Menyusui
(Foto: Hdwallpapersrocks) Anak sudah bisa mengetahui ia kenyang sejak berusia dua tahun.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejak masih menyusui, anak telah bisa menentukan jumlah porsi makan yang dibutuhkan. Namun, ketika masa pertumbuhan, orangtua justru membuat anak mengalami kemunduran dalam hal ini.

Najeela Shihab, psikolog sekaligus founder website Keluarga Kita, mengungkapkan bahwa saat menyusu, anak telah bisa menentukan kapan dirinya sudah merasa kenyang. Pada saat ini, ibu pun tak bisa memaksakan asupan anak.

Namun, seiring berjalannya waktu, orangtua mulai mengontrol jumlah dan jenis makanan anak. Dalam hal ini, orangtua tidak memperhatikan bagaimana sudut pandang anak, karena ingin memberikan asupan gizi yang maksimal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

(Baca juga: Jangan Mengomel jika Anak Susah Makan)

"Saat anak masih kecil rasanya seperti belum dipercaya. Misalnya, jika hanya mengambil makan sedikit, ditambahkan lagi oleh orangtua. Saat anak merasa kenyang, masih dipaksa makan," terangnya dalam acara Pengumuman Pemenang Health Agent Award 2016, Kamis (8/9/2016).

Padahal, anak sendiri seharusnya sudah bisa menentukan porsi makanan dalam dirinya sendiri, sama seperti saat mengonsumsi ASI. "Kompetensi mengetahui kapan anak merasa kenyang, seharusnya sudah terbentuk sejak berusia dua tahun," tambahnya.

Selain itu, Ela juga mengungkapkan bahwa kebiasaan memberi makan anak saat sedang bermain sebaiknya tidak dilakukan. Karena kebiasaan ini justru membuat anak tidak bisa merasakan bagaimana kapasitas perutnya sendiri, apakah masih lapar atau sudah kenyang.





(TIN)