Dampak Buruknya Bagi Anak-anak jika Membaca Komentar Negatif di Medsos

Raka Lestari    •    Rabu, 25 Apr 2018 07:00 WIB
media sosial
Dampak Buruknya Bagi Anak-anak jika Membaca Komentar Negatif di Medsos
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Komentar-komentar yang mengejek ataupun menghina di media sosial sangat mudah ditemukan saat ini. Namun, tahukah Anda bahwa hal tersebut bisa memberikan dampak buruk kepada anak-anak. 

"Permasalahan ini membuat kita semua terganggu dan membuat kita merasa khawatir dilihat dari perspektif mana pun. Melihat video ataupun tayangan-tayangan yang bersifat menghina atau menjelek-jelekkan orang lain akan berdampak terhadap rasa percaya diri anak-anak yang melihat atau menontonnya," ujar psikolog anak Dr Tanya Gesek. 

"Bahkan pada anak-anak yang merasa sangat percaya diri, ketika melihat hal-hal yang bersifat mengejek atau menghina satu sama lain, menjadi bertanya-tanya pada diri mereka sendiri apakah mereka seperti itu juga," katanya.

Masa remaja merupakan masa di mana seseorang mulai mencari jati dirinya. Sangat lumrah jika pada masa ini mereka ingin terlihat keren. Dalam hal ini, menggunakan media sosial menjadi cara mereka untuk terlihat keren meski di dalamnya terdapat banyak konten negatif. 

"Ada banyak alasan mengapa anak-anak atau remaja mengikuti perkumpulan ataupun komunitas-komunitas yang sesuai dengan diri mereka, dan itu adalah tugas orang tua untuk membantu mereka menemukan tempat yang benar,"katanya.

Dr Gesek menekankan penting bagi orang tua memberikan penjelasan kepada anak-anak bahwa apa yang mereka anggap lucu, atau apa yang mereka anggap sebagai bahan candaan mungkin tidak dianggap seperti itu juga oleh orang lain, sehingga anak-anak perlu diberikan pengertian agar lebih berhati-hati dalam memposting sesuatu di media sosial mereka. 


Lihat video:





(DEV)