Milenial Habiskan Banyak Waktu Mencari Teman Kencan di Aplikasi Online

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 07 Sep 2018 14:50 WIB
generasi milenial
Milenial Habiskan Banyak Waktu Mencari Teman Kencan di Aplikasi Online
Dunia digital semakin membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, termasuk dalam mencari pasangan. (Foto: /Unsplash.com)

Jakarta: Dunia digital semakin membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, termasuk dalam mencari pasangan. Sebuah studi menemukan bahwa rata-rata generasi milenial menghabiskan waktu sekitar empat hari berkutat di aplikasi kencan online. 

Dalam durasi tersebut, mereka bertukar sekitar 36 pesan dengan orang lain di dunia maya. 

Studi yang dilakukan oleh aplikasi kencan Toffee Dating tersebut juga menemukan bahwa milenial menunggu sekitar satu minggu sebelum memutuskan bertemu untuk kencan pertama. 

Sebanyak 5.000 pengguna aplikasi kencan berusia 18-30 tahun dilibatkan dalam penelitian tersebut. 

"Milenial selalu diberikan reputasi buruk, entah mereka malas, memanjakan diri, dangkal atau terobsesi teknologi. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa mereka sekarang menjadi jauh lebih 'nyata' dan ini meluas ke cinta juga hidup," kata Lydia Davis, CEO Toffee Dating. 

(Baca juga: Generasi Milenial Menghabiskan Lebih Banyak Uang untuk Pernikahan?)


(Studi yang dilakukan oleh aplikasi kencan Toffee Dating tersebut juga menemukan bahwa milenial menunggu sekitar satu minggu sebelum memutuskan bertemu untuk kencan pertama. Foto: Roman Kraft/Unsplash.com)
 

"Kami telah melihat bahwa mereka sekarang berupaya lebih keras dalam profil mereka, mereka memprioritaskan kepribadian daripada penampilan, mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk mengenal pasangan sebelum bertemu dan mereka memilih orang dengan minat yang sama."

"Saya pikir penting untuk industri aplikasi kencan terus berinovasi dan berubah dengan mereka, memberi mereka fitur-fitur baru untuk memamerkan siapa mereka sebenarnya."

Penelitian tersebut juga menyelidiki berbagai elemen lain dari profil aplikasi kencan mereka yang mendorong mereka untuk tetap melihat-lihat berbagai profil lainnya (yang mungkin cocok).

Sekitar 72 persen partisipan mengatakan bahwa mereka akan menolak sebuah profil jika itu tidak menuliskan biodata, 66 persen mengatakan bahwa mereka akan menggeser ke kiri jika gambar-gambar pada sebuah profil jelas diedit dan 68 persen menyatakan bahwa mereka akan langsung menolak jika seseorang menulis bahwa mereka “mencari kesenangan”.

Pada bulan Agustus, kencan jejaring sosial Badoo mengungkapkan 10 kata teratas untuk disertakan di profil aplikasi kencan yang diduga dapat meningkatkan tingkat keberhasilan kecocokan.

Hasilnya bervariasi antara pria dan wanita, dengan tiga kata teratas untuk profil wanita adalah cinta, minuman, dan musik, dan tiga kata teratas untuk profil pria adalah berbadan tinggi, keluarga, dan anjing.





(TIN)