Survei: Menikah di Luar Negeri Makin Diminati

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 27 Feb 2018 13:08 WIB
pernikahankeluarga
Survei: Menikah di Luar Negeri Makin Diminati
Menurut laporan, negara beriklim tropis Mauritius yang berada di Samudera Hindia adalah lokasi paling favorit untuk melangsungkan pernikahan selama 2017 dan 2018. (Foto: Benjaminrobyn Jespersen/Unsplash.com)

Jakarta: Laporan dari perusahaan pariwisata Kuoni mengungkapkan bahwa tren berwisata semakin tinggi di tahun 2018, termasuk statistik pernikahan di luar negeri. 

Kuoni mencatat adanya peningkatan bisnis sebesar 14 persen dari 2016 ke 2017, dimana jasa perencana pernikahan sudah berkembang. 

Menurut laporan, negara beriklim tropis Mauritius yang berada di Samudera Hindia adalah lokasi paling favorit untuk melangsungkan pernikahan selama 2017 dan 2018. 

Posisi kedua ditempati oleh Saint Lucia, dimana lokasi tersebut berada di peringkat 13 dalam daftar destinasi terbaik Kuoni. 

Clare Miller, seorang fisioterapis dari London, berencana menikah pada musim panas ini. Dia dan tunangannya memutuskan untuk menikah di Kroasia setelah pernah mengunjungi negara.

(Baca juga: Mengenal Konsep Microwedding dalam Pernikahan)


(Menurut laporan, negara beriklim tropis Mauritius yang berada di Samudera Hindia adalah lokasi paling favorit untuk melangsungkan pernikahan selama 2017 dan 2018. Foto: Tiko Giorgadze/Unsplash.com)

"Kami memilih untuk menikah di luar negeri karena kami pernah mengunjungi Kroasia saat liburan dan menganggapnya menakjubkan," katanya kepada The Independent.

"Sangat sulit untuk menemukan jenis tempat yang kami inginkan karena kami mengundang banyak orang yang datang dan umumnya jasa wisata melayani dalam jumlah lebih kecil."

Meskipun merencanakan pernikahan di luar negeri lebih menghabiskan banyak uang, mereka tak masalah. 

Di satu sisi, Kuoni menganggap bahwa pernikahan di luar negeri tidak selalu menghabiskan kocek yang terlalu tinggi. 

Menurut data mereka, rata-rata uang yang dihabiskan adalah GBP7.500. Angka ini jauh lebih kecil dibandingkan pasangan yang menikah di Inggris, yaitu sekitar GBP27.161 menurut Hitched.co.uk.

Hal tersebut kemungkinan berkaitan dengan jumlah tamu yang datang ke acara pernikahan, dimana rata-rata orang yang diundang untuk pernikahan yang berlangsung di luar negeri cukup sedikit, yaitu 10-15 orang.









(TIN)