6 Perubahan Kecil untuk Menunjang Karier pada 2018

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 09 Jan 2018 17:28 WIB
karier
6 Perubahan Kecil untuk Menunjang Karier pada 2018
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Dari berbagai resolusi yang ingin dicapai pada tahun ini, sudahkah Anda memikirkan perubahan yang bisa dilakukan dalam pekerjaan demi menunjang karir Anda?

Tak ada salahnya bila Anda menyusunnya sekarang. Beberapa perubahan bisa meningkatkan produktivitas kerja dan mencegah stres di tempat kerja, serta mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik, seperti di bawah ini:

1. Setop menunda pekerjaan

Ingatkan pada diri Anda bahwa tidak ada gunanya menunda pekerjaan, sebab itu hanya akan menjadi beban. Berikan batas waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Biasakan menyiapkan daftar hal yang harus dilakukan setiap pagi dan sertakan pekerjaan yang penting di dalamnya.

2. Kelola dengan baik

Anda harus belajar memprioritaskan pekerjaan dan bekerjalah sesuai dengan itu. Coba rencanakan pekerjaan Anda sehari sebelumnya, sehingga Anda sudah tahu beberapa hal yang perlu dilakukan begitu sampai di kantor.

Gunakan kalender email atau alarm untuk menandai semua hal yang penting, seperti batas waktu, rapat, dan acara lainnya.

3. Tantang diri sendiri

Dorong diri Anda agar keluar dari zona nyaman dan coba mengambil project baru yang menawarkan kesempatan belajar lebih banyak kepada Anda. Ini akan membantu meningkatkan keterampilan Anda. Namun, Anda juga butuh berkomitmen memberikan yang terbaik.

4. Minta umpan balik

Umpan balik berupa saran dan masukan yang membangun akan memberikan dampak baik bagi Anda. Minta rekan kerja Anda untuk meninjau pekerjaan Anda dan minta pendapat darinya. Ini akan membantu Anda belajar dan meningkatkan pengetahuan.

5. Matikan pemberitahuan di akun sosial media

Anda mungkin tak menyadari bahwa notifikasi pada smartphone dan desktop, terutama akun sosial media, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dapat mengganggu konsentrasi.

Sesampainya di kantor, ada baiknya membiasakan diri mematikan semua pemberitahuan aplikasi dan hindari melihatnya. Anda bisa mengeceknya ketika jam istirahat, atau setelah pulang kerja.

6. Bersyukur

Berjuang dan menjadi ambisius dalam sebuah pekerjaan memang penting, tapi jangan lupa menghargai apa yang sudah Anda dapat. Bila tiba-tiba terpikir berhenti bekerja, pikirkanlah tentang orang-orang yang duduk di rumah, mereka yang belum mendapat pekerjaan, atau terkena pemutusan hubungan kerja.

Anda berada pada posisi lebih baik daripada jutaan orang tersebut, oleh karenanya jangan lupa bersyukur setiap hari.


(TRK)