6 Kesalahan Menggunakan Make Up yang Sering Tak Disadari Wanita

Raka Lestari    •    Senin, 08 Jan 2018 09:16 WIB
tips & trik
6 Kesalahan Menggunakan Make Up yang Sering Tak Disadari Wanita
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Make up tak bisa dipisahkan dari keseharian wanita. Tak hanya membuat wanita tampil lebih menarik, make juga membuat mereka tampil percaya diri.

Saat ini sudah banyak tutorial make up sehingga wanita bisa dengan mudah mempelajari beberapa teknik merias wajah. Meski demikian, tak jarang masih ada saja yang melakukan kesalahan-kesalahan dalam menggunakan make up.

"Kesalahan dalam menggunakan make up yang sering aku jumpai adalah menggunakannya secara berlebihan! Tidak berlebihan dalam menggunakan make up adalah yang terbaik." ujar Derek Selby, make up artis asal Amerika Serikat.

Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan ketika menggunakan make up dikutip dari Womenshealthmag.

1. Terlalu banyak concealer

Concealer sebaiknya digunakan secara tipis-tipis dan digunakan hanya untuk menutupi kekurangan-kekurangan seperti jerawat atau bekas jerawat. Jangan menggunakannya pada garis wajah atau diseluruh bawah mata Anda. Hal tersebut akan membuat Anda terlihat berminyak dan luruh dengan sangat cepat. Membuat riasan Anda terlihat kurang bagus.

2. Warna tidak merata antara wajah dan leher

Ingatlah untuk tetap menggunakan foundation pada bagian-bagian yang membutuhkan. Termasuk juga mengaplikasikannya pada bagian leher, dada atas, dan yang sering terlupakan yaitu bagian telinga agar warna antara wajah dan bagian-bagian tersebut merata.

3. Terlalu banyak menggunakan blush on

Jika Anda terlalu banyak mengaplikasikan blush on pada wajah Anda, gunakan kuas yang biasa dipakai untuk foundation dan ratakan ke seluruh wajah Anda agar blush on Anda tidak terlihat berlebihan.

4. Menggunakan highlighter yang salah

Penggunaan highligher akhir-akhir ini semakin populer, namun sebaiknya tidak menggunakan highlighter di siang hari dan beralih menggunakan krim atau cairan yang memiliki fungsi serupa dengan highlighter untuk dipakai di siang hari, ujar Justine Purdue, make up artis selebriti.

5. Terlalu banyak menggunakan highlighter

Highlighter sebaiknya digunakan untuk bagian-bagian tertentu saja, misalnya di tulang pipi, pada saluran air mata, atau bagian tengah bibir bawah. Menggunakannya di sepanjang hidung atau seluruh wajah Anda bisa membuatnya terlihat berminyak dan mengkilap berlebihan.

6. Melupakan penjepit bulu mata

Selalu gunakan penjepit bulu mata sebelum menggunakan maskara Anda. "Jika Anda tidak dianugerahi bulu mata yang panjang dan lentik, selalu gunakan penjepit bulu mata sebelum menggunakan maskara," ujar Romy Soleimani, make up artis asal Amerika Serikat.




(DEV)