Studi: Jumlah Saudara Pengaruhi Karier Seseorang

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 18 May 2017 11:47 WIB
keluarga
Studi: Jumlah Saudara Pengaruhi Karier Seseorang
(Foto: indy100)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa urutan anak dalam sebuah keluarga akan memengaruhi bagaimana masa depan seseorang dalam berkarier.

Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan hiburan Disney untuk merayakan film Frozen  tersebut membandingkan sampel dari lebih 500 orang sukses dari 11 kelompo karier yang  berbeda dan mencari tahu apakah anak dengan kelompok tertentu cenderung mendapatkan kebehasilan dalam jalur karier tertentu.

Mereka menemukan bahwa anak tengah 30 persen cenderung menjadi CEO perusahaan dibandingkan saudara kandung mereka, dan 41 persen kompetitor juga merupakan anak tengah.

Sementara itu, anak pertama melakukan beberapa pekerjaan lain seperti astronot (29 persen), bintang rock (25 persen), dan bintang pertunjukan reality di TV (32 persen).

Secara mengejutkan, 181 orang yang berprofesi sebagai pekerja seni dari total partisipan adalah anak tunggal.

Para peneliti menganalisa proporsi dari urutan dalam bersaudara dari tiap sampel kelompok dan membandingkannya dengan ekspetasi keluarga normal seperti didefinisikan oleh Officer for National Statistics (ONS), ternyata terdapat hasil yang berbeda secara signifikan.

"Penelitian tersebut dilakukan sebulan kemarin dan menunjukkan urutan kelahiran adalah faktir signifikan dalam menentukan tipe pekerjaan," tukas psikolog Emma Kenny.

Penelitian lain dari studi juga menunjukkan bahwa teknisi dan ilmuwan juga cenderung berasal dari keluarga yang memiliki banyak anggota.


(DEV)