Swafoto Dapat Memperburuk Hubungan Sosial?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 27 May 2017 17:39 WIB
media sosial
Swafoto Dapat Memperburuk Hubungan Sosial?
Swafoto Dapat Memperburuk Hubungan Sosial? (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Swafoto adalah salah satu jenis unggahan yang paling umum dibagikan di media sosial. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan tersebut dapat memengaruhi hubungan sosial?

Para peneliti dari Florida State University menemukan bahwa semakin banyak swafoto yang dipamerkan dalam media sosial, maka semakin banyak konflik hubungan romantis tanpa solusi yang dialami seseorang.

Pemimpin penelitian Jessica Ridgway dan Russell Clayton melihat bagaimana prediktor dan konsekuensi yang berkaitan dengan swafoto pada media sosial Instagram.

Clayton menyatakan, meskipun mereka tak bisa secara langusng mengasumsikan sebab dan efek dari studi tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa kepuasan citra tubuh dapat merugikan hubungan romantis, terutama saat kepuasan citra tubuh dipamerkan dalam bentuk unggahan swafoto.

Studi tersebut melakukan survei daring pada 420 pengguna Instagram berusia 18-62 tahun dan menemukan bahwa swafoto berhubungan dengan dan diprediksi oleh kepuasan citra tubuh secara keseluruhan.

Dengan kata lain, mereka yang merasa tubuh mereka bagus cenderung melakukan swafoto lebih banyak.

Untuk mencegah timbulnya hubungan negatif, Ridgway dan Clayton menyarankan agar pengguna Instagram membatasi perilaku swafoto mereka, terutama jika menimbulkan masalah dalam hubungan romantis seorang pengguna.

 


(ELG)