Penyebab Generasi Masa Kini Tertarik Menikah Dini

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 28 Sep 2017 16:52 WIB
keluarga
Penyebab Generasi Masa Kini Tertarik Menikah Dini
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap generasi memiliki pola pikir yang tak sama. Banyak orang berpendapat,
tipikal generasi saat ini lebih menyenangi segala sesuatu yang mudah didapat. Hipotesis tersebut kemudian dihubungkan dengan fenomena pernikahan dini yang terjadi di perkotaan.

"Cara berpikir seperti negeri dongeng, yang hanya berfokus pada akhir bahagia, membuat anak muda berasumsi bahwa menikah muda membuat segala sesuatu lebih mudah secara instan," ujar psikolog Ajeng Raviando dalam diskusi bersama media, Kamis (28/9/2017).

Pemikiran generasi masa kini tentang indahnya pernikahan dini diperkuat dengan postingan teman atau publik figur di media sosial. Padahal, apa yang terlihat di media sosial belum tentu benar.

Berbicara tentang pola berpikir yang ingin kenyamanan dalam waktu instan, Ajeng mengungkapkan hal tersebut dipengaruhi dari tingkat kemapanan yang telah dirasakan anak.

"Pada dasarnya orang tua ingin anak mereka yang notabene generasi berikutnya merasakan kenyamanan supaya tak merasakan penderitaan yang pernah mereka (orang tua) rasakan," tambah Ajeng.

Hidup serba ada dan serba berkecukupan ini yang kemudian membuat anak cenderung melupakan proses dalam mencapai sesuatu. Bahkan tak jarang membuat mereka memilih cara instan.

"Tingkat kegigihan anak menjadi berkurang karena orang tua lupa mengajarkan makna dari proses."

Apalagi, ia menambahkan, teknologi yang semakin mudah juga membuat generasi muda semakin dimanjakan.

"Sekarang kalau mau cari info, tinggal lihat di internet. Kalau jaman dulu, harus usaha seperti ke perpustakaan," tukasnya.




(DEV)