Cara Agar Tidak Mudah Terpengaruh Orang Lain

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 26 Jun 2017 15:10 WIB
Cara Agar Tidak Mudah Terpengaruh Orang Lain
Ilustrasi (Foto: ShutterStock)

Metrotvnews.com: Disadari atau tidak, kebanyakan dari kita mudah terpengaruh orang lain dalam menentukan tujuan hidup. Anda mencapai sesuatu yang orang inginkan, bukan karena keinginan sendiri. 

Kebanyakan orang  berpikir bahwa mereka mengikuti tujuan hidup yang tanpa disadari sebenarnya memprioritaskan persetujuan orang lain di atas impian mereka sendiri.

Ketika orang-orang di sekitar memberikan pengaruh yang positif dalam hidup, Anda harus tetap memastikan bahwa tujuan hidup Anda bukanlah karena pengaruh tersebut. Bila Anda sulit membedakannya, cobalah beberapa tips berikut. 

1. Membayangkan respon orang sekitar
Bayangkan jika orang di sekitar Anda hilang dan tak ada yang menanggapi apa yang akan Anda lakukan, setuju atau tidak. Apakah hal tersebut akan membuat Anda tetap pada jalur atau justu ingin berubah sama sekali? Jika Anda memilih jawaban kedua, mulailah membuat perubahan saat ini. Mungkin menakutkan, namun tak ada salahnya mencoba dan bisa jadi kelak Anda bersyukur memilih jalan yang berbeda. 

2. Lebih sering berkomunikasi dengan diri sendiri
Dengarkanlah diri sendiri sehiangga Anda tak selalu setuju dengan pendapat orang. Pertimbangkan apa yang menjadi fokus dan apa yang menganggu Anda secara pribadi, dan yakinkan diri Anda Anda dapat mengartikulasikan perasaan Anda sehingga Anda tahu apa yang harus dikatakan jika topik itu muncul.

3. Coba katakan "tidak"
Kebanyakan orang mudah terpengaruh karena tak bisa bilang "tidak" dan takut orang lain tersinggung. Dalam realitas, Anda seharusnya menghindari tipikal orang yang tak bisa menerima penolakan, dimana artinya orang tersebut tidak senang bila Anda menjadi diri sendiri. Sebainya, hindari orang dengan tabiat tersebut. 

Cobalah berlatih berkata "tidak" di depan cermin setiap hari untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri sehingga lebih mudah menolak sesuatu yang tak Anda senangi. 

(ASA)