Alasan Mengapa Balita Terbangun di Malam Hari

Raka Lestari    •    Sabtu, 09 Sep 2017 22:42 WIB
tumbuh kembang bayi
Alasan Mengapa Balita Terbangun di Malam Hari
Alasan Mengapa Balita Terbangun di Malam Hari (Foto: ist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengasuh balita merupakan masa-masa yang cukup menantang bagi para orang tua. Akan lebih menantang lagi jika balita Anda yang biasanya gampang tertidur menjadi sulit tidur pada malam hari.

Berikut ini adalah alasan yang biasanya membuat para balita sulit untuk tidur di malam hari:

Kelelahan
Mungkin sulit dipercaya, bagaimana kelelahan dapat membuat balita kesulitan untuk tidur di malam hari. Balita yang tiba-tiba menolak tidur siang atau tidur terlalu larut malam, biasanya akan sulit tertidur pada malam hari karena mereka terlalu lelah.


Lingkungan Baru
Ada begitu banyak hal baru yang dapat mengganggu siklus tidur balita. Misalnya saja pindah rumah, atau ada keluarga baru. Untuk mengatasinya, bicarakan pelan-pelan kepada anak Anda agar ia merasa nyaman dan bisa mendapatkan siklus tidur mereka yang normal kembali.


Mulai Belajar Mandiri
Mengajarkan balita untuk tidur di kamarnya sendiri memang memerlukan kesabaran. Cobalah mulai dengan menemaninya di kamar sampai ia benar-benar tertidur dan bisa Anda tinggal sendirian


Mimpi Buruk
Mendekati usia 2 tahun, biasanya balita sudah mulai berimajinasi. Hal inilah yang membuat mereka menjadi takut dan terkadang mengalami mimpi buruk. Sebaiknya Anda menggunakan lampu tidur yang tidak terlalu terang agar mereka bisa merasa nyaman.


Rasa Lapar
Sama seperti bayi, ketika balita sudah mulai tumbuh dan berkembang mereka pun akan memerlukan asupan makanan yang lebih banyak. Secangkir susu dapat meredakan rasa lapar mereka dan bisa membuat tidur mereka menjadi lebih nyenyak.

Apa pun alasan anak Anda terbangun di malam hari, percayalah hal tersebut tidak akan berlangsung lama.

 


(ELG)