Penambahan Rempah pada Sayuran Tingkatkan Selera Makan Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 23 Mar 2018 17:19 WIB
keluargatips memasak
Penambahan Rempah pada Sayuran Tingkatkan Selera Makan Anak
Pedoman pola makan Amerika Serikat menyebutkan bahwa anak perempuan remaja sebaiknya mengonsumsi empat porsi sayuran perhari, sementara anak laki-laki remaja lima porsi. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa penambahan rempah pada sayuran membuat anak-anak cukup tertarik mengunyah makanan tersebut. 

Para peneliti meminta sekitar 100 siswa sekolah menengah di pedesaan Pennsylvania untuk mencicipi berbagai sayuran polos yang dibumbui hanya dengan minyak dan garam dan kemudian mencoba sayuran yang sama dengan bumbu campuran rempah-rempah yang berbeda. 

Para peserta diminta menilai seberapa baik mereka menyukai setiap hidangan dan kemudian menunjukkan apakah mereka lebih menyukai resep biasa atau yang dibumbui.

Hasilnya, para partisipan lebih menyukai sayuran yang diberi campuran rempah. Sayuran yang diujicoba adalah brokoli, kembang kol, saus sayuran, dan kacang hitam yang dicampur dengan jagung.

Kemudian, ketika diminya untuk memilih antara sayuran polos dan sayuran yang dibumbui dengan campuran rempah-rempah, para siswa lebih suka versi pedas.

"Penelitian ini penting jika ingin meningkatkan asupan sayuran para siswa di sekolah, untuk memastikan para siswa tertarik memakannya," tukas pemimpin studi Juliana Fritts dari Pennsylvania State University di University Park.


(Pedoman pola makan Amerika Serikat menyebutkan bahwa anak perempuan remaja sebaiknya mengonsumsi empat porsi sayuran perhari, sementara anak laki-laki remaja lima porsi. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Tips Praktis Cepat Siapkan Makan Malam)

Menurutnya, asupan sayuran sangat rendah pada remaja dan orang dewasa sehingga perlu usaha untuk membuta orang-orang lebih rajin mengkonsumsi makanan bernutrisi tersebut. 

Pedoman pola makan Amerika Serikat menyebutkan bahwa anak perempuan remaja sebaiknya mengonsumsi empat porsi sayuran perhari, sementara anak laki-laki remaja lima porsi. 

Kebanyakan partisipan mengungkapkan bahwa rasa, ukuran penyajian, dan penampilan makanan adalah karakter yang sangat penting dalam menu makan sekolah. 

Tiga dari empat siswa mengaku tak suka sayuran karena rasa. Lebih dari setengahnya juga tak senang dengan sayuran yang disajikan di sekolah. 

Survei tersebut juga menyebutkan bahwa kebanyakan dari mereka cukup akrab dengan beberapa rempah seperti kayu manis, bubuk bawang putih, lada hitam, bubuk cabai, oregano dan basil. Sementara tak banyak yang tahu beberapa rempah seperti jinten, kari, dan sage.








(TIN)