Prosesi Adat Pernikahan Kahiyang-Bobby Sesuai Pakem Keraton Kasunanan Surakarta

Pythag Kurniati    •    Rabu, 01 Nov 2017 21:07 WIB
jokowi mantu
Prosesi Adat Pernikahan Kahiyang-Bobby Sesuai Pakem Keraton Kasunanan Surakarta
Lima pembawa acara pernikahan Kahiyang-Bobby saat menggelar jumpa pers (Foto: metrotvnews/pythag kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Keluarga presiden menunjuk lima orang untuk bertugas menjadi pembawa acara dalam prosesi pernikahan Kahiyang-Bobby. Mereka adalah Widarsi Suranto, Slamet Aby, Tauviq M.Widodo, Umijatsih dan Sarie Nugroho.

Pembawa acara siraman dan midodareni, Widarsi Suranto memaparkan, seluruh prosesi adat dilaksanakan sesuai dengan pakem Keraton Surakarta Hadiningrat.

Prosesi siraman dilakukan Selasa, 7 November 2017 mulai pukul 09.00 WIB di kediaman Presiden, Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo.

"Siraman akan diawali Bapak Jokowi sekalian menjalani upacara adang kapisan,” ujar Widarsi saat jumpa pers di Graha Saba Buana, Rabu, 1 November 2017.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bakal menanak nasi. Sementara Presiden Jokowi menyalakan api atau dalam bahasa Jawa disebut cethik geni.

Upacara selanjutnya yakni pasang beleketepe dan pasang tuwuhan. "Menyimbolkan doa-doa dari orang tua," imbuh Widarsi.

Selanjutnya, keluarga akan mencampur air siraman dari sumber mata air berjumlah tujuh. Siraman Kahiyang akan dilakukan oleh 5 atau 9 orang. Pada waktu yang sama, Bobby Nasution akan melakukan siraman secara terpisah di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah.

Prosesi dilanjutkan dengan pemotongan rambut. Rambut Kahiyang Ayu bakal disatukan dengan rambut calon mempelai pria dan akan ditanam.

“Maknanya membuang segala sukerta, kotoran dan segala hal yang buruk. Ditanam agar keduanya mengawali dengan hal baru yang baik dan bersih,” beber Widarsi.

Dalam prosesi siraman, Presiden juga akan menjalani prosesi sade dawet atau berjualan dawet. Malam harinya, keluarga Presiden menggelar midodareni. Widarsi menjelaskan, malam midodareni akan diwarnai acara lamaran.

Pada tanggal 8 November 2017, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution melangsungkan ijab kabul. Ijab kabul dilaksanakan Rabu, 8 November 2017 pagi. Pembawa acara yang ditunjuk yakni Slamet Aby.

Selanjutnya prosesi adat panggih yang akan dipandu oleh Umijatsih. Upacara ini, lanjutnya, adalah bertemunya suami istri dengan ditandai mecah tigan (memecahkan telur) ke kaki mempelai pria.

“Kemudian Ibu Negara akan menelungkupkan kain atau sindur ke kedua mempelai. Pak Jokowi dan Ibu Iriana kemudian memandu mempelai menuju pelaminan,” beber Umijatsih.

Acara dilanjutkan dengan prosesi krobongan, bobot timbang, kacar-kucur serta sungkeman. “Lalu diikuti dengan resepsi dengan konsep standing party,” paparnya.

Sedangkan pada saat resepsi malam hari, Tauviq M. Widodo dan Sarie Nugroho ditunjuk sebagai pembawa acara.


 


(ELG)