Kegunaan Lain dari Kulit Jeruk

Raka Lestari    •    Selasa, 02 Jan 2018 07:09 WIB
tips & trik
Kegunaan Lain dari Kulit Jeruk
Sekarang ini Anda tak harus membuang kulit jeruk karena bisa digunakan untuk keperluan yang lainnya. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Apakah Anda selalu membuang kulit jeruk yang Anda makan atau kulit buah-buahan lainnya? Sekarang ini Anda tak harus membuangnya karena bisa digunakan untuk keperluan yang lainnya.

Menurut Southern Living buah-buahan seperti lemon, jeruk bali, jeruk nipis, jeruk limau, atau jeruk lainnya mengandung nutrisi yang bisa menjauhkan Anda dari kanker dan bisa dijadikan bahan untuk wewangian.

Dengan membuang kulit jeruk yang Anda beli, Anda juga melakukan pemborosan karena kulit jeruk memiliki aroma yang sangat wangi dan memiliki beberapa manfaat yang tidak terduga. 

(Baca juga: Makin Populer, Kue Bantal Kini Ada di Indonesia)


(Sekarang ini Anda tak harus membuang kulit jeruk karena bisa digunakan untuk keperluan yang lainnya. Foto: Kisa2014/Shutterstock)

Pertama, Anda bisa menambahkan ke dalam infused water, minyak, cuka, atau alkohol dengan menambahkan sensasi wangi jeruk yang berasal dari kulit jeruk. Untuk minyak, cuka, dan mendapatkan aroma jeruk yang diperlukan hanyalah dengan memasukkan kulit jeruk ke dalam botol atau wadah, kemudian tutup rapat-rapat dan simpan dalam tempat yang tidak terkena cahaya selama dua minggu.

Menambahkan kulit jeruk ke dalam botol minum di kulkas Anda selama semalaman juga bisa membuat minuman Anda menjadi lebih segar. 

Anda juga bisa menggunakan kulit buah jeruk sebagai pengharum udara. Caranya adalah dengan mengeringkannya dengan menggunakan dehidrator atau menggunakan oven dengan suhu rendah selama 20 menit. Kemudian simpan dalam wadah kecil untuk untuk menyegarkan ruangan Anda dan menghilangkan bau-bau yang tidak diinginkan. 

Dengan menyimpan kulit jeruk enam sampai delapan buah jeruk, Anda bisa membuat oleo-saccharum buatan sendiri, yaitu ramuan beraroma yang ditemukan dalam banyak resep koktail. Hanya tinggal menyimpannya ke dalam mangkuk dan campurkan dengan gula kemudian tunggu hingga beberapa jam. Oleo-saccharum buatan Anda sendiri pun sudah bisa dicampurkan dengan minuman Anda. 










(TIN)