Pasangan Beda Usia, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 25 May 2018 12:40 WIB
romansakeluargapsikologi
Pasangan Beda Usia, Perhatikan Beberapa Hal Ini
Ada tujuh faktor yang kerap menjadi persoalan dalam hubungan beda usia. (Foto: Pablo Heimplatz/Unsplash.com)

Jakarta: Hubungan dengan jarak usia yang terpaut jauh bukan hal yang aneh. Namun, tak sedikit yang gagal menjalaninya. Perlu pemahaman mendalam atas risiko dan kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi dalam hubungan beda usia.

Seperti dilansir Boldsky.com, ada tujuh faktor yang kerap menjadi persoalan dalam hubungan beda usia.

1. Kedewasaan dan emosi
Memiliki pasangan yang terlalu muda akan membuat Anda berpikir ia tidak dewasa. Menganggap pasangan yang lebih muda adalah tidak dewasa tentu akan mengganggu hubungan. Coba untuk bisa menghargai pasangan, meski ia lebih muda.

2. Beda ketertarikan
Jarak usia yang jauh juga mengakibatkan perbedaan referensi dan preferensi. Mulai dalam cara menikmati hiburan, musik, film, atau hobi.

3. Merasa tak aman
Memiliki teman bergaul yang tak sama membuat salah satu pasangan merasa cemas dan curiga saat pasangan lain sibuk bercengkerama dengan teman-teman seumurannya.


(Jarak usia yang jauh juga mengakibatkan perbedaan referensi dan preferensi. Mulai dalam cara menikmati hiburan, musik, film, atau hobi. Foto: Courtney Clayton/Unsplash.com)

(Baca juga: 5 Pengorbanan yang Tidak Perlu Dilakukan dalam Hubungan Romansa)

4. Beban masa lalu
Usia yang lebih tua seringkali terbebani masa lalu, mulai dari persoalan cinta yang pahit yang pernah dialami, hingga masalah pribadi. Hal ini ikut memengaruhi jalannya hubungan. Mencoba lebih terbuka kepada pasangan, meski dia lebih muda sangat penting. Membuat adanya perasaan "setara" di hubungan.

5. Vitalitas
Ini persoalan yang penting bagi pasangan suami-istri dengan jarak usia yang jauh. Pasangan yang jauh lebih muda tak jarang mempermasalahkan vitalitas. Lagi-lagi komunikasi sangat penting dalam hal ini.

Bukan tidak mungkin ketika saling terbuka, hubungan akan semakin dekat. Bahkan bisa berujung dengan aktivitas positif lain, misal berolahraga bersama dan saling menjaga pola makan agar vitalitas dan stamina terjaga.

6. Masalah kesehatan
Ini adalah masalah yang normal dalam hubungan usia jarak jauh. Butuh kesiapan mental untuk bisa menerima kondisi fisik pasangan yang menurun.

7. Pola pikir berbeda
Perbedaan pola pikir jelas memengaruhi dalam percakapan dan pemecahan masalah sehari-hari. Generasi yang tumbuh di era 80 atau 90-an tentu memiliki cara pandang yang beda dengan generasi yang tumbuh di era milenial. Perbedaan ini dapat diminimalisir dengan sikap terbuka menerima pandangan-pandangan yang berbeda.





(TIN)