Lima Tips Menghemat Pengeluaran Setelah Hari Raya

M Studio    •    Kamis, 28 Jun 2018 07:00 WIB
tips keuangan
Lima Tips Menghemat Pengeluaran Setelah Hari Raya
Meski keuangan tipis, hidup pada hari dan bulan berikutnya masih terus berlanjut. Untuk menyiasatinya, Anda harus berhemat (Foto:Dok)

Jakarta: Kondisi keuangan menipis setelah Lebaran? Maka sekarang ini waktunya Anda menghemat pengeluaran. 

Selain menjadi ajang silaturahmi, hari raya seperti Lebaran merupakan momen yang pas untuk berlibur bersama sanak saudara. Kebutuhan puasa, mudik, Lebaran, sampai liburan, kalau ditotal tak mengherankan jumlahnya membengkak hingga membuat tabungan tipis dan uang THR habis. Tapi pastinya, semua itu terbayar dengan momen yang Anda dapatkan. 

Meski keuangan tipis, hidup pada hari dan bulan berikutnya masih terus berlanjut. Nah, untuk menyiasatinya, ada lima tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk berhemat hingga memulihkan kembali kondisi keuangan Anda setelah hari raya. 

Membawa Bekal Makanan

Apakah Anda karyawan kantoran? Pastinya makan di luar atau di mal saat jam makan siang kerap kali jadi pilihan utama dibandingkan membawa bekal. Selain repot karena harus memasak sendiri, membawa bekal ke kantor artinya harus siap tenaga juga untuk bangun lebih awal mempersiapkan segala sesuatunya. 

Membawa bekal makanan sendiri dipercaya bisa menghemat pengeluaran hingga 30 persen. Sementara makan di luar, sekali makan bisa menghabiskan uang sekitar Rp30 ribu hingga Rp50 ribu. 

Supaya tidak harus masak setiap hari, Anda bisa menyiasati dengan sistem masak mingguan, lalu disimpan di kulkas. Jadi, setiap akan berangkat, Anda tinggal menghangatkan makanan untuk dibawa sebagai bekal. Solusi lainnya apabila tidak memungkinkan memasak, Anda bisa memesan katering mingguan yang murah. 

Apakah ada? Tentunya ada. Biasanya untuk katering, makin banyak hari yang Anda pesan, Anda akan mendapat harga lebih murah atau promo khusus. Sekarang pun, bayar katering bisa dicicil dengan cicilan tanpa kartu kredit. Di Berrykitchen, misalnya. Anda bisa pesan katering mingguan sekarang, dan bayar 30 hari kemudian, atau saat gajian tiba dengan menggunakan Kredivo. Bagaimana dengan bunganya? Tenang, untuk metode kredit bayar dalam 30 hari via Kredivo, Anda tidak dibebankan bunga sama sekali alias nol persen. 

Bawa Uang Tunai Secukupnya

Makin banyak uang tunai yang ada di dalam dompet biasanya membuat orang tergoda jajan lebih banyak. Solusinya, Anda bisa membawa uang tunai secukupnya saat beraktivitas. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan primer Anda per hari dari mulai berangkat hingga kembali ke rumah, mulai dari biaya transport, uang makan (apabila tidak membawa bekal), uang darurat, dan lainnya. 

Setop Sementara Belanja Selain Kebutuhan Primer

Karena sudah bersenang-senang dan puas berbelanja jelang Lebaran, sekarang waktunya menyetop sementara berbelanja aneka barang yang bukan kebutuhan primer. Kebutuhan primer yang dimaksud adalah kebutuhan wajib Anda sehari-hari yang tidak bisa ditunda, seperti bahan makanan, perlengkapan mandi dan kebersihan, token listrik atau pulsa. 

Kuncinya adalah disiplin dan bisa 'tutup mata' dari semua promo yang beredar setelah hari raya. Anda perlu fokus kembali untuk mengisi tabungan, berinvestasi, dan melunasi utang dan cicilan apabila masih ada yang tersisa. 

Manfaatkan Promo Transportasi Online

Pada era transportasi online sekarang, selain lebih praktis dan cepat untuk bepergian, harganya juga kerap kali ramah kantong. Bahkan, beberapa vendor transportasi online masih gencar melakukan promo tarif termurah bagi pelanggannya. Mulai dari potongan langsung, promo dengan metode pembayaran tertentu, hingga redeem bonus poin. Bagi Anda yang beraktivitas menggunakan transportasi umum, bisa memanfaatkan peluang ini untuk menghemat ongkos harian. 

Gunakan Fasilitas Kredit untuk Kebutuhan Mendesak

Bagaimana jika ada kebutuhan mendesak yang benar-benar tidak terduga? Misalnya smartphone hilang dalam perjalanan mudik, sementara pekerjaan sangat bergantung dengan smartphone? Mau tidak mau, Anda harus segera membeli smartphone baru supaya tetap bisa beraktivitas. 

Sebaiknya, jangan habiskan tabungan Anda yang sudah menipis untuk membeli smartphone secara tunai. Simpan uang tabungan tersebut untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak dan butuh uang tunai. Apabila punya kartu kredit, Anda bisa memanfaatkan promo cicilan dengan kartu kredit. Supaya hemat, Anda bisa mencari merchant online yang punya program cicilan nol persen untuk smartphone. 

Kalau Anda tidak memiliki kartu kredit, Anda bisa menggunakan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit online yang lebih menguntungkan dibandingkan kartu kredit. Mengapa? Karena Anda tidak perlu bayar biaya admin ataupun biaya tahunan seperti pada kartu kredit konvensional. 

Dengan Kredivo, misalnya. Ambil cicilan tanpa kartu kredit smartphone dan barang apapun, Anda hanya dikenakan suku bunga kredit tetap 2,95 persen dengan pilihan tenor 3, 6, atau 12 bulan. Selain itu, Anda juga tidak perlu membayar uang muka. Jadi, uang tabungan yang sudah menipis bisa tetap Anda simpan untuk kebutuhan lain yang lebih membutuhkan uang tunai. 

Kebutuhan mendesak lainnya, misalnya tengah malam lupa mengisi token listrik sehingga listrik mati tiba-tiba. Nah, selain barang, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Kredivo untuk kredit token listrik, pulsa, atau data internet. Caranya adalah dengan memilih metode "bayar dalam 30 hari" tanpa bunga. Dalam waktu dua menit, token listrik akan langsung diproses dan dikirim ke ponsel Anda. 


(ROS)