Hal-hal yang Sebaiknya Tidak Anda Lakukan kepada Orang Tuna Wicara

Raka Lestari    •    Jumat, 22 Jun 2018 07:08 WIB
keluarga
Hal-hal yang Sebaiknya Tidak Anda Lakukan kepada Orang Tuna Wicara
Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan ketika berhadapan dengan mereka yang tunawicara.. (Foto: Antoine Rault/Unsplash.com)

Jakarta: Ada beberapa hal yang mungkin sebaiknya tidak Anda lakukan kepada mereka yang tunawicara atau tuli. Mungkin bagi yang sudah memahaminya, hal itu tidak akan dilakukan ketika mereka bertemu dengan mereka yang tunawicara.

Namun, bagi mereka yang belum mengetahui sebaiknya memelajari sikap yang harus dilakukan ketika harus berhadapan dengan tunawicara karena mungkin hal itu akan dianggap kasar bagi mereka meskipun Anda sebenarnya tidak bermaksud seperti itu. 

Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan ketika berhadapan dengan mereka yang tunawicara.

1. Menghina mereka
Menggunakan istilah "gangguan pendengaran" dianggap sangat negatif. Ini berfokus pada apa yang mereka tidak bisa lakukan.  Ini menyiratkan bahwa orang-orang yang tidak dapat mendengar "terganggu" atau tidak sempurna.

Menyebut mereka dengan istilah "bisu" juga menyiratkan bahwa mereka tidak bisa bersuara padahal kenyataannya mereka memiliki pita suara. Mereka lebih suka disebut memiliki "kesulitan mendengar". 

(Baca juga: Cara Sederhana Ajarkan Sopan Santun pada Prasekolah)


(Menyebut mereka dengan istilah "bisu" juga menyiratkan bahwa mereka tidak bisa bersuara padahal kenyataannya mereka memiliki pita suara. Mereka lebih suka disebut memiliki "kesulitan mendengar". Foto: Liliia Beda/Unsplash.com)

2. Memegang tangan mereka saat sedang melakukan bahasa isyarat
Bagi mereka yang tunawicara, tangan memiliki fungsi yang sangat penting. Karena itu merupakan alat bagi mereka untuk berkomunikasi.

Menyentuh tangan ketika mereka sedang melakukan bahasa isyarat sama artinya dengan memotong pembicaraan mereka atau menutup mulut mereka ketika mereka sedang berbicara. 

3. Tidak menatap mata ketika sedang berbicara dengan mereka
Kontak mata dianggap sebagai kunci untuk berkomunikasi di antara tuna rungu. Tidak menatap mereka atau tidak melakukan kontak mata dengan mereka menunjukkan ketidaktertarikan dan kebosanan. Menjauh dari mereka berarti menutupi telinga Anda saat melakukan percakapan dengan orang yang bisa mendengar.

4. Berbicara dengan cara berbisik-bisik
Menyembunyikan apa yang Anda katakan dari orang yang tuna wicara dianggap sangat kasar bagi mereka. Sebaiknya ketika berhadapan dengan orang yang tuna wicara, Anda tidak berbicara dengan orang lain sambil berbisik-bisik. 

5. Tidak berterus terang kepada mereka
Orang tuli cenderung menjelaskan secara lebih rinci mengapa mereka terlambat atau harus pulang lebih awal. Untuk itu, jika Anda harus pergi dari suatu pertemuan terlebih dahulu sebaiknya bicarakan langsung kepada mereka tanpa harus memberikan kode apapun. 





(TIN)