Penyebab Anak Menjadi Hiperaktif saat Berada Dekat Orang Tua

Raka Lestari    •    Minggu, 31 Dec 2017 12:58 WIB
tumbuh kembang anak
Penyebab Anak Menjadi Hiperaktif saat Berada Dekat Orang Tua
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Anak-anak berperilaku baik pun bisa berubah menjadi menyebalkan saat sang Ibu berada di dalam ruangan.

"Anak-anak melewati batas, melakukan kenakalan jauh lebih buruk ketika berada di sekitar orang tua mereka karena merasa aman dan nyaman," terang Crystal I. Lee, PsyD, kepada Reader's Digest.

Dr Lee adalah seorang psikolog berlisensi dengan pengalaman 15 tahun di bidang kesehatan mental, yang banyak menghabiskan waktu bekerja dengan anak-anak dan orang tua.

"Anda mungkin bertindak lebih  formal di sekitar orang asing karena Anda tidak yakin bagaimana reaksi mereka terhadap Anda. Tapi di sekitar teman dan keluarga Anda, Anda menjadi diri Anda yang sejati, merasa aman karena yakin mereka mencintaimu."

Namun Steve Silvestro, MD FAAP, seorang dokter anak memberikan dua kemungkinan lainnya, yang membuat anak menjadi sangat hiperaktif ketika berada di dekat orang tua.

1. Mencari perhatian

"Anak-anak akan sering menampilkan perilaku yang lebih ekstrem saat mencoba mendapatkan sesuatu dari kita," jelas Dr Silvestro.

2. Kurangnya konsistensi orang tua

Kurangnya konsistensi orang tua dalam menegaskan apa yang boleh dan tidak boleh, membuat anak tidak takut mengulangi kesalahannya. Jadi, bersikaplah konsisten dalam menghadapi perilaku anak.






(DEV)