Studi: Pria Penggemar Olahraga Cenderung Melakukan Selingkuh

Torie Natalova    •    Sabtu, 13 May 2017 16:11 WIB
selingkuh
Studi: Pria Penggemar Olahraga Cenderung Melakukan Selingkuh
Studi: Pria Penggemar Olahraga Cenderung Melakukan Selingkuh (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selingkuh merupakan salah satu faktor utama pemicu kandasnya sebuah hubungan. Jika Anda pernah mengkhawatirkan pasangan selingkuh, mungkin sudah saatnya melihat kembali hobinya.

Pasalnya, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa pemain olahraga lebih cenderung untuk selingkuh. Kondisi ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 1.750 pria yang bermain olahraga rugby dan sepakbola.

Hasil penelitian menunjukkan mereka yang berada dalam tim olahraga tersebut kemungkinan besar menggunakan hobinya untuk menutupi perselingkuhan.

Pelaku terburuk adalah pemain rugby, 21 persen di antaranya mengakui bahwa mereka menggunakan hobinya untuk menyembunyikan perselingkuhan dengan mengatakan bahwa mereka sedang pergi berlatih atau bermain.

Selanjutnya adalah pemain sepakbola, 19 persen di antaranya mengaku melakukan hal yang sama. Berbeda dengan pemain rugby dan sepakbola, pasangan yang memiliki hobi atletik dilaporkan lebih loyal karena hanya 4 persen dari mereka yang menggunakan hobinya untuk menutupi perselingkuhan.

Perlu diketahui bahwa peneliti hanya melihat pria yang bermain enam jam atau lebih olahraga setiap minggu, dan setelah menilai seberapa besar kemungkinan mereka selingkuh dan kemudian mencari tahu mengapa mereka yang bermain olahraga tertentu mungkin lebih bersalah dari yang lain.

Menurut psikolog Dr Kelly Campbell, semua hobi atau olahraga dan perselingkuhan tersebut bisa berhubungan karena pengaruh tingkat testosteron.

Pria dengan tingkat hormon seks pria yang tinggi mungkin merasa membutuhkan lebih banyak seks daripada yang lain dan kedua olahraga tersebut (rugbi dan sepakbola) secara umum dapat meningkatkan hormon testosteron.

Tentu saja, penelitian ini tidak membuktikan bahwa pemain olahraga pada umumnya lebih cenderung selingkuh atau beberapa olahraga menyebabkan perselingkuhan. Namun, pria yang menyukai aktivitas tertentu lebih cenderung menggunakannya untuk menyembunyikan perselingkuhan mereka.

 


(ELG)